id
id

Mahasiswa Teknik Komputer FTUI Raih Juara 1 Lomba Hackathon Tingkat Nasional

Alfian Badrul Insan, mahasiswa Teknik Komputer angkatan 2018 bersama empat mahasiswa dari empat perguruan tinggi lain yang tergabung dalam tim bizlook.id meraih Juara 1 Lomba National Hackathon & CollaborAction 2021. Perlombaan ini diselenggarakan oleh oleh Universitas Padjajaran (Unpad) pada 24 September-Oktober 2021.

Tim bizlook.id terdiri dari Alfian Badrul Isnan (Teknik Komputer FTUI), Ikhwa Nul Yusuf Maulana (Universitas Padjajaran), Alvira Mohamad (Universitas Komputer Indonesia), Muhamad Rizqi Farhan (Politeknik Keuangan Negara STAN), dan Muhammad Irsyad Hikmatullah (Universitas Komputer Indonesia).

Tim bizlook.id berpartisipasi pada kategori SME Lomba National Hackathon & CollaborAction 2021 dan berkompetisi dengan kurang lebih ratusan startup dan inisiator startup dalam perlombaan National Hackathon & CollaborAction 2021. Dari ratusan tim yang berpartisipasi, dilakukan penyaringan hingga tersisa 20 besar lalu di tahap berikutnya dikurangi menjadi 10 besar. Periode perlombaan hackathon adalah 1 – 7 Oktober 2021. Hackathon adalah sebuah acara kolaborasi  pengembangan proyek perangkat lunak dalam jangka waktu terbatas.

“Saya mulai bergabung dengan bizlook pada Agustus 2021 dengan status, sebagai karyawan magang. Pada September tahun ini, saya diangkat menjadi tim inti pada divisi backend. Pada lomba ini, saya dan teman-teman mengembangkan website bernama bizlook. Kami berusaha hadir sebagai jawaban atas kebingungan dan keresahan yang dialami pengusaha kecil dan menengah untuk menemukan jawaban atas masalah mereka,” kata Alfian.

“Pengusaha kecil dan menengah pasti memerlukan bantuan dan saran terhadap masalah bisnis yang mereka hadapi dan ke mana mereka dapat menemukan jawabannya? Jawabannya adalah kepada pihak profesional, baik konsultan, agensi, dan penyedia layanan lainnya. Kami merancang bizlook sebagai wadah untuk mempertemukan mereka dalam satu tempat ini,” lanjut Ikhwa.

“Nantinya, pengusaha dapat membuat akun pada website kami dan mencari pihak profesional mana yang mereka butuhkan. Setelah menemukan pihak profesional tersebut dan membuat perjanjian, serta melakukan pembayaran. Kedua pihak tersebut dapat melakukan konsultasi dan memecahkan masalah yang pengusaha kecil dan menengah itu hadapi,” tutup Alvira.

Bizlook.id merupakan startup yang sudah diinisiasi pada September 2019.  Startup ini menyediakan layanan konsultasi bisnis, serta menyediakan platform untuk mempertemukan client meliputi pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), usaha pemula, dan pihak profesional.

***

Biro Komunikasi Publik
Fakultas Teknik Universitas Indonesia

X