id
id

Mahasiswa UI Mengukir Prestasi di Ajang IEEE Fusion Study Case Competittion

Pada tanggal 11 Oktober 2019, Tim SIPPY dari Universitas Indonesia meraih juara 2 pada lomba internasional bernama “IEEE Fusion Study Case Competition” yang diselenggarakan oleh IEEE Student Branch Institut Teknologi Bandung. Tim SIPPY memiliki tiga anggota, antara lain: Richard Addyanto (Teknik Elektro 2018), Cathlin Rosemarie Wahjoedi (Ilmu Komunikasi 2018), dan Stanley Darwin Chandra (Teknik Elektro 2018).

Tema lomba IEEE Fusion Study Case ini adalah “Technological Developments in line with the Principles of Human Life”. Adapun studi kasus yang perlu dipecahkan oleh setiap tim, antara lain: SDG (Sustainable Development Goals) Case 1 (Good Health and Well being), Case 2 (Affordable and Clean Energy), dan Case 3 (Responsible Consumption and Production). Tim SIPPY memilih Case 2 (Affordable and Clean Energy) dan berinovasi untuk menciptakan ide yang bernama ‘GoSe’ – Gamification of Solar Energy System.

Produk ‘GoSe’ merupakan integrasi antara pemanfaatan IoT, gamifikasi, solar panel, dan platform server digital untuk meningkatkan public awareness masyarakat terhadap pemanfaatan solar panel di Indonesia. Tim SIPPY berhasil meraih juara 2 dari berbagai universitas ternama lainnya, antara lain: ITB dan UGM. Selama proses pengerjaan dan pemecahan masalah berlangsung, Tim SIPPY dibimbing oleh Prof. Dr. Ir. Fitri Yuli Zulkifli, S.T., M.Sc.

X