enid
enid

Mahasiswa UI Raih Predikat Makalah Terbaik pada Simposium Internasional

Dua mahasiswa Universitas Indonesia dari Fakultas Teknik (FT) dan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) berhasil meraih predikat Best Paper pada International Youth Summit of Renewable Energy (IYSRE). Pada konferensi internasional tersebut, Alifya A. Khairany (FTUI 2018), Fikui Siami (FMIPA UI 2017), berkolaborasi dengan mahasiwa dari Institut Teknologi Sepuluh November, Yohannes Maruli (ITS 2020).

Ketiga mahasiswa tersebut menyusun artikel ilmiah berjudul “Market and Financial Scheme Analysis of Photovoltaic Solar House System Based in Payback Period from Existing Business Models in Jakarta, Indonesia”. Alifya dan tim mencoba mencoba memanfaatkan potensi besar yang Indoensia miliki dalam bidang solar energy. Kementrian Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia bahkan menentukan target pemasangan solar power mencapai 6.4 GWp pada tahun 2025 sebagai bentuk perhatian dan dukungan akan pemanfaatan potensi ini.

“Penelitian ini kami susun dengan tujuan untuk memberikan gambaran bagi masyarakat mengenai pemasangan solar sistem di rumah, serta keuntungan yang akan masyarakat peroleh, baik dari segi finanial dan segi bisnis. Hal ini dapat membantu peningkatan pemanfaatan solar energy ketika masyarakat terlebih dahulu mengetahui manfaat yang mereka dapatkan setelah pemasangan sistem tersebut,” ungkap Fikui terkait latar belakang penelitian mereka.

“Kami melakukan analisis Net Present Value (NPV), Internal Rate of Return (IRR),  Levelized Cost of Energy (LCOE) dan Payback Period pada makalah ini. Kalkulasi dilakukan dengan pencarian data, perhitungan beban listrik dan produksi Photovoltaic (PV) harian, hingga membuat model excel untuk skema finansial. Kami juga melalukan diskusi dan wawancara dengan tiga orang dengan latar belakang Engineering, Procurement and Construction (EPC) maupun pengembang Solar Panel di Indonesia,” kata Alifya.

Dekan FTUI, Prof. Dr. Heri Hermansyah, S.T., M.Eng., IPU menyampaikan penghargaan atas prestasi yang diraih oleh mahasiswa UI tersebut. “Kolaborasi memang harus dibangun sejak dini. Menghadapi permasalahan dunia yang semakin kompleks, perlu dilakukan kolaborasi lintas bidang ilmu dan juga lintas insitusi untuk menghasilkan solusi dan inovasi unggul dan berdampak positif bagi masyarakat. Semoga kedepannya para mahasiswa ini akan dapat mengembangkan penelitian mereka.”

Berbagai persiapan dan penelitian dilakukan selama periode Juni-Agustus 2021. Presentasi makalah dilakukan pada 27 Agustus 2021. Mereka mempresentasikan hasil penelitiannya pada Simposium 1 dan 2 yang bertemakan “Renewable Energy Shifting Strategies Through Policy, Social Awareness and Economic Model” dan “Green Urban System and City Development.” Berkat penelitian yang mendalam mengenai topik pemasangan solar sistem di rumah, Alifya dan tim berhasil mendapat predikat Best Paper.

***

Biro Komunikasi Publik
Fakultas Teknik Universitas Indonesia

X