id
id

Mahasiswa UI Rancang Tongkat Canggih untuk Penyandang Tunanetra

Dalam mobilisasi, penyandang tunanetra umumnya menggunakan tongkat untuk mendeteksi penghalang. Namun, tongkat konvensional memiliki banyak keterbatasan, seperti sudut dan jarak jangkauan yang terbatas pada tongkat sepanjang 1 meter.

Para penyandang tunanetra sering mengalami kesulitan saat memasuki daerah baru, sehingga tak jarang mereka tersesat.

Untuk membantu mobilitas penyandang tunanetra, tiga mahasiswa UI dari Fakultas Teknik yaitu Suharsono Halim, Finna Handafiah, Ria Aprilliyani merancang tongkat dengan sensor jarak dan GPS.

Di bawah arahan Dr. Eng. Arief Udhiarto, S.T., M.T., dari Departemen Teknik Elektro FTUI, alat tersebut dirancang untuk mampu mengatasi keterbatasan pada tongkat konvensional. Pada jarak dan sudut pendeteksian objek penghalang, serta dapat mencegah tunanetra tersesat pada tempat yang baru dikenalinya.

Dengan menggunakan tiga buah sensor jarak berbasis ultrasonik dan sebuah motor servo sebagai penggerak, dihasilkan sebuah sistem radar yang dapat memetakan objek penghalang di sekitar tunanetra.

Alat tersebut mampu menjangkau jarak 3 meter, serta sudut jangkauan 1800.

Dengan alat tersebut, penyandang tunanetra seakan dapat melihat keadaan sekitar yang diinformasikan dalam bentuk getaran motor dimana semakin dekat dengan objek penghalang, maka getaran motor akan semakin tinggi.

Motor getar tersebut terletak pada sebuah baju rompi yang terhubung secara nirkabel dengan tongkat elektrik berbasis radar, sehingga sangat mudah untuk digunakan tunanetra.

Selain itu, alat itu juga dilengkapi dengan fitur Global Positioning System (GPS) untuk mengetahi posisi tunanetra ketika tersesat, sehingga lebih mudah untuk ditemukan oleh keluarganya.

Dengan menekan tombol darurat pada tongkat, alat ini akan mengirimkan posisi tunanetra pada keluarga atau kerabat dekatnya sehingga keberadaannya dapat dideteksi. (Humas UI)

X