FacebookTwitterGoogle+PinterestShare

Pada tanggal 12 Oktober 2017, Fakultas Teknik mengadakan seminar internasional dengan tema “Model Solusi Untuk Pengangguran Sarjana Melalui Berfikir dan Berkarya Inovatif” . Seminar dibawakan oleh pembicara DR. Dr. H. Boy Subirosa Sabarguna. MARS. Juga turut hadir dalam seminar ini perwakilan dari Kementrian Perdagangan dan perwakilan dari Litbang Kemriktekdikti.

Seminar ini membahas masalah besar saat ini yaitu adanya pengangguran sarjana . Pengangguran sarjana terus meningkat, di tahun 1986 dengan 31.789 orang dan 2016 sebanyak 695.304 orang, selama 30 tahun sebesar 26,7 kali besarnya, maka perlu upaya nyata dari berbagai pihak. Penyebab pengangguran sarjana diantaranya adalah stupid graduates dan no wow factor, maka perlu diatasi dengan cara yang sesuai dan prospektif dengan kesempatan kerja.

Tujuan dari seminar ini adalah untuk memecahkan masalah angka pengangguran sarjana dengan kajian 1. Penyebab pengangguran sarjana karena stupid graduates dan no wow factor; 2. Kajian kejelasan berfikir, berkarya, kurikulum dan pembelajaran yang inovatif sebagai upaya yang relevan; 3. Kajian kejelasan berfikir, berkarya, kurikulum dan pembelajaran yang inovatif dalam rangka menyelesaikan masalah terkait stupid graduates dan no wow factor/

Tindak lanjut yang diharapkan menjadi kajian lebih lanjut untuk penerapan pada para penganggur sarjana, program studi, fakultas, universitas dan litbang kemriktekdikti. Selain itu semoga menjadi pemicu bagi berbagai pihak untuk menyadari adanya perubahan pasar kerja, pendidikan, dan usaha individu untuk tidak hanya dapat pekerjaan, tetapi menghasilkan karya dan manfaat bagi diri sendiri, keluarga, masyarakat, bangsa dan Negara. (Humas FTUI)