id
id

Onboarding Day Entrepreneurship Camp “Innovation into Invention” 2022

Program Entrepreneurship Camp “Innovation into Invention” i3 FTUI melaksanakan pendaftaran para calon start up binaan FTUI pada bulan Mei-Juni 2022 yang lalu dan telah berhasil menyaring 10 kelompok. Sebagai tahap selanjutnya, program i3 yang merupakan inkubator bisnis terbesar di FTUI, dibawah koordinasi unit Wirausaha dan Inovasi (WiN) dan CDC FTUI yang berkolaborasi dengan E-Corp FTUI, menyelenggarakan pertemuan perdana dengan kelompok usaha terpilih. Acara ini berlangsung secara hybrid, daring melalui platform zoom dan luring di ruang Smart Classroom GK 304 & 306 pada 22 Juli 2022 yang lalu.

Dari pendaftaran yang telah berlangsung pada bulan Mei-Juni lalu berhasil terjaring 10 kelompok, (4 melalui skema individu dan 6 melalui skema kelompok). Adapun 10 kelompok yang akhirnya terdaftar pada program i3 FTUI adalah sebagai berikut:

  1. ENUI (Lampu Penerangan Jalan yang Aditif Bertenaga Surya)
  2. Tim 02 (An Artsy Way of Painting (Tanaman))
  3. IO-Team
  4. Tim 04 (Pemanen Hujan Praktis (Portable Rain Harvesting))
  5. Kelas Kuliah (Bimbingan belajar masuk kuliah dengan sistem mentoring dan simulasi kelas)
  6. Zapato Pack (Packaging sepatu yang ramah lingkungan)
  7. Sembulon (Penyedia kebutuhan bulanan (Sembako) untuk keluarga dengan sistem online dan dapat diantarkan setiap bulan)
  8. Nalani (Usaha yang bergerak di bidang aromaterapi dengan produk berupa Reed Diffuser)
  9. Cinta Indonesia (Startup agrikultural teknologi berbasis website yang mempertemukan petani dengan pembeli)
  10. Aftur Company (Bisnis Pakaian Jadi (Konveksi) dari Tekstil)

“Sebagai luaran dari rangkaian kegiatan Entrepreneurship Camp ini diharapkan dapat melahirkan usaha rintisan yang berasal dari FTUI. Sesuai dengan semangat FTUI Entrepreneur Unggul Berdampak. Semoga para peserta bisa memperoleh ilmu sebanyak-banyaknya dan dapat menjadi bekal untuk membangun usaha rintisan untuk ide bisnis masing-masing,” kata Prof. Dr. Ir. Yanuar, M.Eng., M.Sc., Wakil Dekan Bidang Pendidikan, Penelitian dan Kemahasiswaan FTUI dalam sambutannya.

Pembukaan Entrepreneursip Camp i3 menghadirkan Radyum Ikono, CEO dari Schoters, sebagai pembicara. Schoters merupakan salah satu startup yang bergerak di bidang ed-tech khususnya terkait persiapan kuliah lanjut terutama bagi mahasiswa yang akan melanjutkan pendidikan di luar negeri dengan beasiswa.

Dalam pemaparannya, Radyum menyampaikan bagaimana langkah awal membangun startup, tips dan trik mengelola bisnis, serta motivasi untuk terus menjalankan bisnis. “Ada tiga hal yang perlu dikuasai seorang pengusaha saat ia membangun sebuah start up. Yang pertama adalah founders, siapa saja pendirinya, bagaimana kesepakatan antar pendiri, dan visi yang dimiliki. Kedua adalah ide. Apa ide yang ingin direalisasikan, misalnya ingin membuat startup yang pasarnya digital. Ketiga adalah market size, ketahui siapa target pasar kita, apakah remaja atau orang dewasa, apakah lokal atau internasional, dan sebagainya”.

Setelah pertemuan perdana dilakukan, 10 kelompok usaha Entrepreneurship Camp i3 nantinya akan menjalani workshop dan mentorship selama lima minggu ke depan dengan rangkaian Fantastic Ideas (Penjaringan Ide), Innovation Camp (Inkubasi Startup), dan Expert Validation (Validasi Ahli). Dengan adanya workshop dan mentorship ini diharapkan dapat menghasilkan usaha rintisan yang sukses dari realisasi ide bisnis civitas akademika FTUI dan UI.

***

Biro Komunikasi Publik
Fakultas Teknik Universitas Indonesia

X