id
id

Optimalkan Pemanfaatan e-Office, FTUI Sosialisasikan ANDIENI Untuk Pimpinan

Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FTUI) melalui unit Pusat Dokumentasi menyelenggarakan sosialisasi dan Penerbitan eSign ANDIENI untuk pimpinan FT UI pada hari Rabu (30/3) di gedung dekanat ruang rapat senat dan Guru Besar lantai 2 Fakultas Teknik Universitas Indonesia. FTUI mendatangkan beberapa narasumber yaitu Kepala Kantor Arsip UI, Bapak Wahid Nurfiantara, S.Hum, M.T.I , Bapak Agustinus Bayu Setyawan, S.Hum dan Ibu Rian Windarsih S.Hum (tim kantor Arsip UI).

Dalam kegiatan sosialisasi dan penerbitan eSign Andieni ini, para narasumber menjelaskan tentang sistem Andieni dan penerbitan eSign (tanda tangan elektronik tersertifikasi). Acara ini di hadiri oleh 25 pimpinan fakultas dan departemen, terdiri dari para Wakil Dekan, para Manajer, Kepala Unit, Kepala Departemen dan Sekretaris Departemen di lingkungan Fakultas Teknik Universitas Indonesia.

Wakil Dekan bidang Pendidikan, Penelitian dan Kemahasiswaan FT UI yaitu Prof. Dr. Ir.Yanuar, M.Eng., M.Sc membuka kegiatan ini dan menyampaikan, “Dengan adanya Sosialisasi dan Penerbitan eSign Andieni ini, diharapkan sistem persuratan elektronik bisa di terapkan di Fakultas Teknik Universitas Indonesia dalam proses surat menyurat dan pengarsipan secara digital. Hal ini akan lebih memudahkan, dapat dipertanggung jawabkan serta terlaksana dengan sistematis dan cepat sehingga dapat memberikan pelayanan yang terbaik.”

Andieni menggunakan teknologi tanda tangan digital atau disebut juga tanda tangan elektronik tersertifikasi (eSign). Dokumen digital yang telah disematkan sertifikat elektronik akan terenkripsi sehingga segala bentuk manipulasi konten dokumen akan terlacak dengan menyatakan bahwa dokumen telah diubah sejak ditandatangani terakhir. eSign yang digunakan pada Andieni merupakan hasil dari kerja sama kemitraan antara UI dengan Balai Sertifikasi Elektronik (BSrE). Balai Sertifikasi Elektronik merupakan unit pelaksana teknis di Badan Siber dan Sandi Negara (dahulu Lembaga Sandi Negara) yang memiliki tugas pemberian layanan penerbitan dan pengelolaan sertifikat elektronik di Indonesia untuk instansi pemerintah.

Andieni dapat digunakan pada beberapa skenario yaitu Menerima naskah dinas (surat) tercetak, mengirimkan naskah dinas (surat) tercetak dengan Andieni.dan Naskah dinas elektronik & eSign. “Dengan mengoptimalisasi sistem Andieni diharapkan tidak hanya meningkatkan kinerja dan produktivitas dalam hal persuratan dan pengarsipan, tetapi juga mendukung  Kebijakan Universitas Indonesia untuk mengurangi penggunaan kertas dan mendukung kebijakan  Sustainable Office Environment,” kata Dekan FTUI, Prof. Dr. Heri Hermansyah, ST., M.Eng., IPU.

***

Biro Komunikasi Publik
Fakultas Teknik Universitas Indonesia

X