Untuk meningkatkan kemampuan civitas akademika FTUI dalam menghadapi keadaan darurat, pada 16 September 2016 diadakan pelatihan tanggap darurat bantuan hidup dasar dan penggunaan APAR. Latihan tanggap darurat ini dipimpin oleh Manajer Umum dan Fasilitas FTUI, Jos Istiyanto, Ph.D dengan menghadirkan tim K3L UI sebagai pemateri. Peserta dalam pelatihan ini terdiri dari karyawan perwakilan departemen, unit kerja serta satuan tenaga pengamanan.

Ada 2 materi yang diberikan dalam latihan tanggap darurat ini yaitu bantuan hidup dasar atau basic life support dan pelatihan penggunaan APAR. Dalam latihan bantuan hidup dasar, diajarkan bagaimana melakukan pertolongan dasar terhadap korban yang mengalami henti jantung atau henti napas yaitu dengan cara resusitasi jantung paru (kompresi dada/pijat jantung) dan napas bantuan. Para peserta berlatih melakukan kompresi dada dan napas bantuan pada manekin dengan alat monitor yang dapat menunjukkan apakah kompresi dada dan napas bantuan yang dilakukan para peserta sudah benar. Sedangkan dalam pelatihan APAR para peserta belajar bagaimana mengoperasikan APAR dengan benar.

Pelatihan ini merupakan kegiatan tahunan yang diselenggarakan FTUI, diharapkan di tahun-tahun selanjutnya kegiatan ini dapat lebih berkembang dengan melibatkan mahasiswa dan dosen sehingga akan sejalan dengan visi misi FTUI  dalam menerapkan Sistem Manajemen ISO 14001: 2015 dan OHSAS 18001: 2007 dalam hal standar Kesehatan, Keselamatan Kerja dan Lingkungan (K3L). (Humas FT)

FacebookTwitter
X