id
id

Pelatihan First Aider SMK3 OHSAS

Pertolongan Pertama adalah pemberian pertolongan segera kepada penderita sakit atau cedera/kecelakaan yang memerlukan pertolongan medis dasar. Pelaku pertolongan pertama adalah penolong yang pertama kali tiba ditempat kejadian, yang memiliki kemampuan dan terlatih dalam penanganan medis dasar. Sebagai kelanjutan program implementasi ISO 14001 & OHSAS 18001 di lingkungan Laboratorium FTUI, Unit Pengembangan dan Penjaminan Sistem Manajemen (P2SM) yang  mengadakan Pelatihan First Aider SMK3 OHSAS bekerjasama dengan PT. Astrido Sentosa Kusuma. Pelatihan diadakan di Ruang Indosat, Gedung Dekanat FTUI pada Jum’at, 21 Juli 2017. Pelatihan ini dihadiri oleh beberapa peserta dari semua unit yang ada di FTUI.

Acara dibuka dengan sambutan oleh ketua Unit P2SM Dr. Ir. Rahmat Nurcahyo, M.Eng.Sc , dan dilanjutkan dengan materi pelatihan First Aider dari PT. Astrido Sentosa Kusuma.

Dalam pelatihan ini membahas tentang kejadian tak terduga yang terjadi di laboratorium di semua Departemen yang ada di FTUI. Beberapa hal yang dilakukan pada pelatihan ini untuk mendapatkan wawasan tentang pertolongan pertama sekaligus praktik langsung diantaranya: Sistem ERT, Analisa potensi bahaya, kecelakaan kerja, standart emergency organization, latar belakang P3K di tempat kerja, Triage, rantai penanganan henti jantung, CPR/RJP (pernapasan buatan & kompresi dada luar), gangguan lokal, dan masih banyak lainnya. (Humas FT)

DSC_0050

X