Pada bulan Agustus 2019 lalu, UI bersama dengan PT KAI dan PT BNI telah mengadakan “Sayembara Arsitektur Desain Stasiun KRL Commuter Line UI, Depok”. Sayembara ini menarik banyak antusias civitas UI dan alumni UI untuk mengikutinya. Semua civitas UI yang berpartisipasi memberikan karya yang terbaik untuk pembangunan stasiun UI kelak.

Setelah melalui beberapa rangkaian tahap penjurian, didapatkan 3 pemenang utama dan 3 karya lain yang masuk dalam kategori 6 besar Sayembara Arsitektur Desain Stasiun KRL Commuter Line UI Depok. Juara pertama diraih oleh tim SA-19 yang memiliki tiga orang anggota, yaitu Kusneri Prasetiani Ekawati, Ramadhona, dan Wildan Nachdy. Konsep yang diusung oleh tim ini adalah “Stasiun Universitas Indonesia: Social Space Station”. Dengan konsep tersebut stasiun UI membawa kesan hijau, modern, high tech, dan speedy yang tidak hanya melambangkan laju kereta, tetapi juga symbol laju perkembangan pendidikan di UI.

Juara kedua diraih oleh tim SA_01 yang beranggotakan Firman Setia Herwanto, Cahyo Wilis Candrawan, Mokhammad Zaenal Abidin, Agust Danang Ismoyo, dan Adhifah Rahayu. Tim ini membawa konsep perencanaan “(Re)forestation UI”. Konsep ini lebih mengutamakan ruang terbuka hijau dengan pepohonan yang menjulang tinggi.

Sementara itu, untuk juara ketiga diraih oleh tim SA_19A yang beranggotakan Sigit Kusumawijaya, Erick Budhi Yulianto, Anggie Amalia, Andi Alif Shalahuddin, dan Nisa Addina Haqi. Konsep desain yang diusung oleh tim ini adalah “Bentang Antara”. Konsep ini sebagai stimulan ruang pergerakan, perkumpulan, dan berbagai aktivitas karakter kawasan.

Pemenang dari sayembara ini berhak mendapatkan hadiah uang sebesar Rp 125.000.000 untuk juara pertama, untuk juara dua sebesar Rp 75.000.000, sedangkan untuk juara ketiga sebesar Rp 50.000.000.

FacebookTwitter
X