id
id

Pengenalan ARUP Graduate Development Programme 2023 untuk Mahasiswa dan Lulusan FTUI

Salah satu mitra dari Career Development Center Fakultas Teknik Universitas Indonesia (CDC FTUI), yaitu PT ARUP Indonesia menyelenggarakan webinar mengenai salah satu program rekrutmennya dengan nama ARUP Graduate Development Programme 2023. Kegiatan ini diselenggarakan secara daring pada 8 April 2022.

Webinar yang berlangsung selama satu jam ini diisi oleh beberapa perwakilan dari PT ARUP Indonesia, yaitu:

  1. Leonardi Kawidjaja sebagai Associate Principal Indonesia
  2. Adina Paskimasita sebagai Office & HR Executive
  3. Ryan Setiadi sebagai Senior Engineer
  4. Pujas Bakdirespati sebagai Senior Consultant
  5. Nadia Qamilla sebagai Graduate Engineer
  6. Odi Pratama sebagai Graduate Engineer

PT ARUP Indonesia merupakan perusahaan multinasional yang didirikan di London oleh Ove Arup pada 1946. Hingga saat ini, ARUP sudah memiliki 89 kantor yang tersebar di 33 negara. Perusahaan yang bergerak di bidang konsultan, design, dan engineer ini memiliki enam shared values, di antaranya quality of work, total architecture, humane organisation, straight and honourable dealings, social influence, dan reasonable prosperity.

 Leonardi Kawidjaja menerangkan, “Graduate yang bergabung dengan ARUP bukan hanya sekadar bergabung saja, tetapi juga melewati masa training yang berjalan selama dua tahun sehingga mereka dipersiapkan menjadi professional consultant atau engineer yang bisa terus melebarkan kariernya di perusahaan ini.” Hal ini juga dipaparkan oleh para Graduate Engineer, yaitu Nadia Qamilla dan Odi Pratama yang sudah terlibat langsung dengan banyak project.

Salah satu project yang dikerjakan di Indonesia adalah merancang struktur pembangunan Menara Astra, PT ARUP Indonesia yang pertama kali memperkenalkan first belt trussed structure di Indonesia dan membuat bangunan lebih kaku dan efisien, terutama saat terjadi gempa. Selain itu, PT ARUP Indonesia juga merancang pembangunan MRT Jakarta dan ikut serta dalam masterplanning IKN (Nusantara).

Melalui webinar ini, PT ARUP Indonesia membuka kesempatan bagi mahasiswa semester akhir dan lulusan baru Fakultas Teknik Universitas Indonesia untuk bergabung dalam program rekrutmennya sebagai Graduate Engineer melalui ARUP Graduate Development Programme 2023.

Program ini berjalan selama dua tahun dengan menerapkan sistem kerja formal dan on-job-learning. Para graduates pun akan mendapatkan berbagai macam projects, networking, mentoring, serta self-reflection dan dapat belajar secara langsung bersama para graduate lainnya. Selain itu, untuk mengasah soft skills di dunia kerja, PT ARUP Indonesia memfasilitasi program technical training dan effectiveness skills training.

Dekan FTUI, Prof. Dr. Heri Hermansyah, ST., M.Eng., IPU mengungkapkan, “Dengan adanya webinar mengenai pengenalan program rekrutmen ini, diharapkan mahasiswa semester akhir dan lulusan baru Fakultas Teknik Universitas Indonesia mendapatkan banyak insight mengenai dunia kerja. Selain itu, mereka juga dapat belajar dari para lulusan untuk dapat mengembangkan karier sekaligus terjun langsung ke dunia kerja di masa mendatang.”

Webinar ini diselenggarakan secara daring dan dapat ditonton ulang di Youtube CDC FTUI. Program ARUP Graduate Development Program 2023 pun dapat dibaca secara rinci di: https://www.arup.com/careers/early-careers/graduates/australasia-graduate-programme

***

Biro Komunikasi Publik
Fakultas Teknik Universitas Indonesia

X