id
id

Pengukuhan Guru Besar Virtual Pertama di FTUI

Pada Sabtu, 27 April 2021, Universitas Indonesia dan Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FTUI) untuk pertama kalinya menyelenggarakan Sidang Terbuka Pengukuhan Guru Besar secara Virtual. Acara pengukuhan pada hari itu, dibagi menjadi dua sesi. Sesi pertama merupakan pengukuhan Guru Besar dari masing-masing Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Fakultas Farmasi dan Fakultas Ilmu Keperawatan. Sesi kedua merupakan pengukuhan untuk empat Guru Besar dari FTUI.

Empat orang Guru Besar yang dikukuhkan dari Fakultas Teknik adalah:
🎓 Prof. Ir. Warjito, M.Sc., Ph.D., dari Departemen Teknik Mesin
‍🎓 Prof. Dr. Ario Sunar Baskoro, ST., MT. M.Eng., dari Departemen Teknik Mesin
‍🎓 Prof. Dr. Akhmad Hidayatno, ST., MBT., dari Departemen Teknik Industri
‍🎓 Prof. Dr. Eng. Ir. Sri Harjanto dari Departemen Teknik Metalurgi & Material

Prof. Ir. Warjito, M.Sc., Ph.D. menyampaikan pidato pengukuhan yang berjudul “Dinamika Bubble dan aplikasinya pada Engineering”, Prof. Dr. Ario Sunar Baskoro, S.T., M.T., M.Eng. menyampaikan pidato pengukuhan dengan judul “Inovasi Teknologi Pengelasan untuk Peningkatan Kualitas Produk Manufaktur”, Prof. Dr. Akhmad Hidayatno, S.T., M.B.T. dengan pidatonya yang berjudul “Mengurai Kompleksitas Sistem dengan Pendekatan Model untuk Pengambilan Keputusan yang Lebih Baik”, dan Prof. Dr. Eng. Ir. Sri Harjanto menyampaikan pidatonya yang berjudul “Rekayasa Proses Metalurgi Kimia Berkelanjutan di Era Ekonomi Sirkular”.

Pelaksanaan pengukuhan Guru Besar secara virtual merupakan sebuah prosesi yang unik dimana para Guru Besar, pimpinan utama fakultas (Dekan dan para Wakil Dekan) dan keluarga inti Guru Besar menghadiri secara langsung (luring) dan tamu-tamu undangan lainnya hadir secara daring. Dalam penyelenggaraannya perlu sangat memperhatikan faktor keamanan dan kesehatan bagi yang hadir secara langsung.

Selain memastikan protokol kesehatan yang ketat dengan memperhatikan ketentuan jaga jarak, menyediakan sarana cuci tangan dan hand sanitizer, menyediakan fasilitas pengukuran suhu tubuh serta memastikan bahwa ruangan tempat penyelenggaraan acara memiliki ventilasi udara yang cukup baik. Selain itu FTUI juga menyediakan layanan swab rapid antigen bagi seluruh Guru Besar dan keluarga, tamu undangan yang hadir dan tim penyelenggara.

Acara pengukuhan Guru Besar berlangsung dengan lancar dan dokumentasi video acara tersebut dapat disaksikan di https://youtu.be/4ZNSXicw8C4 sementara Buku Pidato ke-empat Guru Besar dapat diunduh di https://pubhtml5.com/bookcase/icrw.

 

 

X