id
id

Penyambutan Mahasiswa Baru di Tengah Pandemi Covid-19, Fakultas Teknik UI Selenggarakan PKKMB Secara Daring

Untuk pertama kalinya sejak berdiri di tahun 1964, Fakultas Teknik Universitas Indonesia mengadakan kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus untuk Mahasiswa Baru (PKKMB) untuk mahasiswa program Sarjana (Reguler, Paralel, dan Kelas Internasional) serta program Pascasarjana (Profesi, Magister, dan Doktor) secara daring. Hal ini dikarenakan kondisi pandemi yang masih tidak kunjung reda dan untuk tetap menjalankan protokol kesehatan COVID-19.

Kegiatan PKKMB ini dilaksanakan menggunakan platform, zoom webinar dan youtube live streaming. Pada pelaksanaan PKKMB program sarjana, tercatat mahasiswa baru yang hadir pada kanal youtube live streaming sejumlah 979 mahasiswa dan 500 mahasiswa yang hadir melalui zoom. Sedangkan pada pelaksanaan PKKMB program pascasarjana, mahasiswa baru yang hadir di youtube live streaming sejumlah 250 mahasiswa dan 371 mahasiswa yang hadir melalui zoom.

Dekan Fakultas Teknik Universitas Indonesia, Dr. Ir. Hendri D.S. Budiono, M.Eng, membuka kedua kegiatan PKKMB tersebut dengan ungkapan “Tak Kenal Maka tak Sayang”. Beliau kemudian memperkenalkan jajaran pimpinan fakultas dan departemen di lingkungan FTUI. Selain menyambut dan mengucapkan selamat atas keberhasilan para mahasiswa baru diterima di FTUI, beliau juga menyampaikan bahwa meskipun FTUI masih berusia relatif lebih muda dibandingkan fakultas lainnya, saat ini FTUI telah berkembang dengan pesat.

“Dosen-dosen FTUI merupakan lulusan S3 merupakan lulusan lebih dari 20 negara. Tiga tahun yang lalu, posisi FTUI di QS World University Ranking menempati 401 dunia, tahun berikutnya melonjak ke 352 dunia dan tahun ini FTUI berhasil mencapai posisi 295 dunia,” ungkap Dekan Hendri pada sambutannya.

Materi yang disampaikan pada kegiatan PKKMB FTUI baik untuk program sarjana maupun program pascasarjana meliputi materi akademik, kemahasiswaan dan alumni, fasilitas dan umum serta riset dan pengabdian masyarakat. Dr. Ir. M. Asvial, M.Eng selaku Wakil Dekan Bidang Pendidikan, Penelitian, dan Kemahasiswaan dan Dr. Eng. Arief Udhiarto, S.T., M.T. selaku Manajer Pendidikan dan Kepala Pusat Administrasi Fakultas memberikan pemaparan mengenai sistem akademik yang dijalankan di FTUI.

Paparan mengenai fasilitas yang dapat dimanfaatkan oleh mahasiswa FTUI disampaikan langsung oleh Manajer Fasilitas dan Umum, Dr. Dwi Marta Nurjaya, S.T., M.T. Untuk pemaparan bidang kemahasiswaan dan alumni, dilaksanakan oleh Dr. Badrul Munir, S.T., M. Eng., M.Sc selaku Manajer Kemahasiswaan dan Alumni. Khusus pada sesi program sarjana, beliau didampingi oleh perwakilan dari Badan Eksekutif Mahasiswa FTUI (BEM FTUI) dan ILUNI FTUI. Sementara paparan terkait bidang riset dan pengabdian masyarakat disampaikan oleh Dr. Eng. Muhammad Sahlan selaku Manajer Riset dan Pengabdian Masyarakat pada sesi PKKMB Program Pascasarjana.

Rekaman kegiatan PKKMB FTUI secara daring ini dapat disaksikan pada kanal Youtube resmi FTUI di tautan : www.youtube.com/FakultasTeknikUI_Official.

X