id
id

Peran Listrik dalam Industri Data Center di Indonesia

Pada Jumat, (25/3) lalu, Keluarga Tenaga Listrik Fakultas Teknik Universitas Indonesia (KAGATRIK FTUI) mengadakan webinar berjudul “Pasokan Energi Listrik dalam Mendukung Industri Data Center di Indonesia”.

Dalam sambutannya, Dekan FTUI menyampaikan bahwa selama tiga bulan menjadi Dekan, komunitas alumni selain Iluni, GATRIK menjadi  komunitas yang aktif, baik dalam aktivitas keilmuan maupun sosial. “Data saat ini menjadi harta benda. Revenue  yang mendorong. Mudah-mudahan, webinar ini bisa memberikan pencerahan tentang pentingnya data center dan data science di Indonesia,” kata Prof. Heri.

Hedi Prakosa, Alumni Teknik Elektro yang kini menjabat sebagai Deputy Executive Vice President PT Telkom Indonesia menjadi pembicara dalam webinar ini. Pada pembukaannya beliau memaparkan bahwa pengguna internet di Indonesia tumbuh pesat. Ada sekitar 212,38 juta pengguna dan Indonesia menduduki peringkat ketiga di dunia sebagai pengguna terbanyak.

“Inovasi terus dikembangkan untuk meningkatkan kualitas Internet. Teknologi Mobile 5G yang memiliki kecepatan lebih tinggi sudah digunakan sejak tahun 2019 di dunia. Di Indonesia, 5G akan masuk bertahap dan diprediksi digunakan oleh 100 juta orang pada 2025.”

Transformasi digital Indonesia mendorong pertumbuhan Ekonomi Digital melalui akselerasi Transformasi Digital. Ekonomi digital Indonesia tertinggi di Asia Tenggara Gross Merchandise Value (GMV) USD 70 Miliar (2021) dan CAGR 2021-2025 sebesar 20%. Sektor E-Commerce menjadi pendorong utama GMC USD 53 Miliar.

Pasar Data Center Global memiliki trend pada tahun 2022. 30% bisnis yang berhadapan langsung dengan konsumen akan menerapkan dan mengoperasikan infrastruktur yang aman untuk memberikan pengalaman digital yang optimal. Perusahan akan memanfaatkan mitra kolokasi dalam penyediaan layanan connectivity untuk mengoptimalkan investasi pada AI.

Pasar Data Center masih sangat terbuka di Asia Pasifik. Perusahaan Layanan Data Center memasuki pasar Indonesia, seperti Biznet dan Telkom Indonesia. Pasar Data Center Indonesia sangat menarik bagi investor. Diperlukan tindakan cepat untuk mengoptimalkan potensi yang tinggi dari pertumbuhan data center. Pertumbuhan Jumlah dan akses konten akan mendorong operator untuk meningkatkan  Customer Experience dengan mendekatkan konten dengan User. Permintaan pasar data center di Indonesia tumbuh sangat pesat dibutuhkan Energi Listrik cukup besar dan reliabel.

***

Biro Komunikasi Publik
Fakultas Teknik Universitas Indonesia

X