DSC02715

Dari kiri ke kanan, Donatur Utama Dinding Panjat FTUI, Ir. Amril Thaib Mandailing; Rektor UI, Prof. Dr. Ir. Muhammad Anis, M.Met; Dekan FTUI, Prof. Dr. Ir. Dedi Priadi, DEA; Ketua KAPA FTUI, Cornelius Erick Arifin.

 

Civitas Akademika FTUI bersuka cita menyambut kehadiran Dinding Panjat FTUI terbaru yang berlokasi di sekitar area Jembatan Teksas. Dinding Panjat yang sudah berstandar Internasional ini merupakan donasi pribadi Ir. Amril Thaib Mandailing, Alumni Teknik Metalurgi & Material Angkatan 1978 dan Alumni Teknik Gas dan Petrokimia, FTUI.

Acara Peresmian Dinding Panjat berlangsung pada Jum’at, 12 Juni 2015 dengan dihadiri Rektor Universitas Indonesia, Prof. Dr. Ir. Muhammad Anis, M.Met; Dekan FTUI, Prof. Dr. Ir. Dedi Priadi, DEA; serta Donatur Utama Papan Panjat ini, Ir. Amril Thaib Mandailing. Turut hadir dalam acara peresmian ini, beberapa Pimpinan UI dan FTUI serta Dekan dari beberapa Fakultas yang ada di UI diantaranya, Kepala UPT Pengamanan Lingkungan Kampus, Prof. Dr. Ir. Anondho Wijanarko, M.Eng; Dekan FHUI, Prof. Topo Santoso SH., MH. Ph.D; Ketua Program Vokasi UI, Prof. Dr. Ir. Sigit P. Hadiwardoyo, DEA; Wakil Dekan II FTUI, Dr. Ir. Hendri D.S. Budiono, M.Eng; Manajer Pendidikan & Kepala PAF FTUI, Dr. Ir. Wiwik Rahayu, DEA; Manajer Kerjasama, Kemahasiswaan, Alumni & Ventura, Prof. Dr. Heri Hermansyah, ST., M.Eng; Manajer Umum & Fasilitas, Jos Istiyanto, ST., MT., Ph.D

Dalam sambutannya, Prof. Anis menungkapkan rasa terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung terealisasinya pelengkap sarana dan prasarana di UI. Dinding panjat berstandar internasional ini, lanjut Anis, akan menjadi penunjang bagi mahasiswa untuk dapat berprestasi baik di ranah nasional maupun internasional di bidang olah raga sehingga mahasiswa UI memiliki keunggulan dalam dua hal, yaitu di bidang akademik dan nonakademik.

Senada dengan Anis, Dekan FTUI, Prof. Dedi Priadi menyampaikan rasa terima kasih khususnya kepada Amril atas partisipasinya membangun sarana olah raga ini. Beliau menuturkan didirikannya dinding panjat ini dilatarbelakangi oleh dorongan untuk meningkatkan prestasi mahasiswa FT di berbagai bidang, termasuk olah raga. Pada akhir sambutan beliau mengamanahkan pada KAPA (Komunitas Pencinta Alam – Kamuka Parwata FTUI) untuk menjaga, merawat fasilitas ini serta mengukir prestasi dengan adanya dinding panjat ini. Hal ini diamini oleh Ketua Kapa FTUI, Cornelius Erick Arifin dalam sambutannya yang berjanji akan memanfaatkan Papan Panjat ini dengan sebaik-baiknya.

Dalam kesempatan tersebut, sebagai alumni UI, Amril juga menuturkan pembangunan ini dilakukan sebagai ungkapan terima kasih kepada UI. Selain itu, ia berharap dengan adanya dinding panjat ini KAPA FTUI dapat menyelenggarakn kompetisi panjat dinding di tingkat regional, nasional maupun internasional.

Pembangunan Dinding Panjat ini didasarkan pada kebutuhan fasilitas untuk menunjang berkembangnya divisi Rock Climbing KAPA FTUI. Badan Pengurus KAPA FTUI (BPKF) pada periode 2013/2014 mengusulkan program pembangunan papan panjat KAPA FTUI. Dinahkodai oleh Dede Rahmat Kurnia (T. Metalurgi & Material 2010), BPKF periode itu mulai merancang desain dan juga persiapan yang dibutuhkan untuk membangun papan panjat.

Terinspirasi oleh bentuk segitiga, desainer papan panjat baru KAPA FTUI, M. Faris Eryando (Arsitektur 2010), Fara Shabrina Muntu (Arsitektur 2011), Retri Haryanto (Arsitektur 2011), merancang sedemikian rupa papan panjat KAPA FTUI dengan standar kualitas internasional dan pucuk papan panjat berbentuk piramida yang menjulang keatas. Desain papan panjat tersebut memiliki filosofi bahwa seorang pemanjat harus terus naik untuk keujung puncak tertinggi, menggapai impiannya. Eksekusi untuk menjadikan desain papan panjat tersebut menjadi suatu karya nyata dipegang langsung oleh Budiono (T. Perkapalan 2010) sebagai penanggung jawab program ini dan Dr. Ir. Gandjar Kiswanto, M.Eng sebagai penasehat desain wall.

Akan tetapi perjalanan realisasi pembangunan papan panjat tidaklah semulus yang diharapkan. Banyak revisi yang harus dilakukan, sehingga memakan banyak waktu untuk pembangunan papan panjat. Papan panjat yang diharapkan selesai pada pertengahan tahun 2014 mundur hingga pertengahan tahun 2015. Dua tahun kepengurusan di KAPA FTUI berupaya untuk memperjuangkan papan panjat baru ini terealisasi. Dimulai dari peletakan batu pertama pada tanggal 10 September 2014 hingga 12 Juni 2015.

Semoga dengan adanya papan panjat ini, manfaat tidak hanya dirasakan oleh anggota KAPA, tetapi dirasakan juga oleh seluruh Mahasiswa Teknik UI serta seluruh mahasiswa UI khususnya, dan Indonesia secara umumnya. (Humas FT)

DSC_0394

DSC02746 DSC02775 DSC02819

FacebookTwitter
X