FacebookTwitterGoogle+PinterestShare

Dalam rangka pengembangan fasilitas serta penerapan sistem keselamatan, kesehatan kerja dan lingkungan yang baik di lingkungan Fakultas Teknik, di tahun 2017 Fakultas Teknik telah membangun beberapa infrastruktur di area kampus FTUI Depok.

Pada 12 Desember 2017 diadakan acara peresmian infrastruktur-infrastruktur baru tersebut, diantaranya fire hydrant, serta taman eng park FTUI. Acara peresmian diadakan di area groundtank hydrant dan diresmikan oleh Dekan FTUI, Prof. Dedi Priadi, DEA. Peresmian dihadiri segenap pimpinan FTUI mulai dari Wakil Dekan I, Dr. Asvial, M.Eng; Wakil Dekan II, Dr. Hendri D.S. Budiono, M.Eng; segenap jajaran manajer FTUI serta Kepala Departemen di lingkungan FTUI. Hadir juga perwakilan dari UI yaitu Kepala Badan Pengembangan Universitas dan Pengelolaan Logistik, Prof. Dr. Ing. Nandy Setiadi Djaya Putra; serta Direktur Pengelolaan dan Pemeliharaan Fasilitas, Prof. Dr. Ir. Gandjar Kiswanto. M.Eng.

FTUI merupakan satu-satunya fakultas di lingkungan UI yang memiliki sistem keselamatan kebakaran yang mampu menjangkau seluruh gedung yang ada di FTUI. Total ada 24 gedung di lingkungan FTUI yang dapat dijangkau oleh sistem keselamatan kebakaran fire hydrant FTUI. Sistem fire hydrant FTUI di desain dengan 3 sistem pompa, yaitu electric pump, diesel pump serta jockey pump sehingga apabila terjadi pemadaman listrik ketika terjadi kebakaran, fire hydrant dapat tetap berfungsi dengan tenaga diesel pump. Selain itu tinggi semburan dari sistem fire hydrant ini dapat mencapai 10 meter. Secara keseluruhan ada 14 hydrant titk keluar air yang tersebar di lingkungan FTUI serta total panjang pipa hydrant mencapai 937,8 meter.

Selain fire hydrant, Infrastruktur lain yang diresmikan adalah taman eng park FTUI. Taman terbuka seluas -+ 4400 meter persegi ini terletak di sisi selatan FTUI, berdekatan dengan gedung Departemen Teknik Industri FTUI. Taman ini dilengkapi dengan jogging track sepanjang 266,8 meter serta kolam air yang juga berfungsi sebagai tempat resapan air. Di taman ini juga berdiri 7 pilar yang melambangkan 7 Departemen yang ada di FTUI.

Beberapa infrastruktur baru di FTUI baik yang sudah selesai maupun yang sedang dalam tahap pekerjaan diantaranya signage, fasilitas disable, genset gedung EC, menara lampu taman BP3, serta renovasi gedung lobby K. (Humas FT)