id
id

Peresmian Kantor Perwakilan University of Florida di Fakultas Teknik Universitas Indonesia

DSC_0112 (1484 x 990)

Sebagai salah satu Universitas terbaik di Indonesia, Universitas Indonesia (UI) terus berupaya untuk meningkatkan program internasionalisasi dengan perguruan tinggi- perguruan tinggi lainnya dari seluruh dunia. Salah satunya dengan University of Florida, Amerika Serikat. Selama 4 tahun terakhir, kerjasama antara Fakultas Teknik UI dan University of Florida telah intensif dilakukan terutama dalam bentuk kerjasama penyelenggaraan Public Lecture, Visiting Profesor, Kunjungan kerjasama pimpinan FTUI ke UF dan kunjungan kerjasama pimpinan UF ke FTUI, pengiriman mahasiswa pascasarjana ke UF dan sebaliknya.

Saat ini juga sedang dalam proses untuk dibuka yaitu program Joint Degree Arsitektur Interior UI (Departemen Arsitektur FTUI) dan Design Interior UF (College of Design, Construction & Planning UF) Program Design Interior, University of Florida dipilih karena merupakan salah satu program Desain Interior terbaik di Amerika Serikat. Untuk memperlancar pelaksanaan program Joint Degree ini dan program-program lainnya, University of Florida berencana untuk membuka kantor perwakilannya di Fakultas Teknik UI. Kantor Perwakilan UF ini akan menjadi Kantor Perwakilan Universitas dari Amerika Serikat yang pertama di Indonesia. Hal ini menjadi kebanggaan tersendiri bagi FTUI dan membuka peluang untuk memperlancar program internasionalisasi yang bersifat resiprokal antara kedua universitas. Saat ini kerjasama akademik dan riset juga tengah dijalin antara UF dan Fakultas MIPA serta Fakultas Ekonomi UI.

Peresmian Kantor Perwakilan University of Florida di Gedung Engineering Center FTUI  dilaksanakan pada tanggal 3 Februari 2015. Peresmian ini dihadiri oleh H.E. Robert O. Blake, Jr. (Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia), Mr. John Choi (Director of @America), Dr. Hamid Chalid, S.H., LL.M (Wakil Rektor IV), Prof. Dr. Ir. Dedi Priadi, DEA (Dekan FTUI), Dr. Leonardo Alfonso Villalon (Dean of International Center UF), Prof. Christopher Silver, Ph.D, FAICP (Dean of College of Construction, Design and Planning UF).

Selain acara peresmian Kantor Perwakilan UF, pada acara tersebut juga dilakukan penandatanganan perjanjian kerjasama penyelenggaraan Joint Degree Arsitektur Interior UI (Departemen Arsitektur FTUI) dan Design Interior UF (College of Design, Construction & Planning UF), site visit ke Kantor Perwakilan UF yang terletak di lantai 4 Gedung Engineering FTUI dan Kuliah Umum oleh Dean of College of Design, Construction and Planning University of Florida (Prof. Christopher Silver, Ph.D., FAICP), dengan judul: “Creating the Sustainable Megacity: Lessons from Jakarta’s Past to Shape its Future.”

X