FacebookTwitterGoogle+PinterestShare

Peresmian Pondok IPTEK Fakultas Teknik UI di RPTRA Seruni Pasar Minggu

Sebagai aksi nyata dari Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FT UI) terhadap masalah yang dihadapi di lingkungan sosial masyarakat sekitar, FT UI melalui programnya FT UI Peduli melakukan kegiatan hibah pengabdian masyarakat. Program ini merupakan bentuk wujud nyata dari komitmen FT UI untuk berperan dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan mencerdaskan kehidupan bangsa. Salah satu hasil nyata dari program ini adalah direalisasikannya “Pondok IPTEK FT UI” di RPTRA Seruni yang merupakan hasil kolaborasi FTUI dengan Laboratorium Statistics and Quality Engineering (SQE), Departemen Teknik Industri, Universitas Indonesia, sebagai tim penyelenggara.

Program ini dilaksanakan di RPTRA Seruni yang merupakan titik kumpul anak-anak dan warga sekitar untuk bermain dan berkegiatan. Lokasi ini terletak di kawasan padat penduduk di daerah Pasar Minggu. Sehingga diharapkan program ini dapat membantu perkembangan anak dari sisi faktor eksternal, atau dari sisi lingkungan sekolah dan masyarakat. Dimana, faktor eksternal ini memiliki peran yang cukup penting untuk mendukung terciptanya kondisi lingkungan yang positif dan mendukung tumbuh kembang anak optimal secara fisik, mental, dan sosial.

Pondok IPTEK FTUI adalah suatu tempat berkumpul dan bermain anak-anak yang memfasilitasi kegiatan dalam belajar dan bermain dengan menamankan budaya Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK). Tujuan dari program ini adalah untuk meningkatkan wawasan serta minat anak-anak dalam mempelajari dan menerapkan IPTEK dalam kehidupan sehari-hari, khususnya mengenai keilmuan dasar teknik terkait matematika dan fisika mekanika. Maka dari itu, pada program ini, tim SQE Lab yang diketuai oleh Prof. Isti Surjandari mencoba untuk mengembangkan penyampaian materi yang sesuai untuk anak-anak terkait IPTEK agar menarik namun tetap edukatif. Sehingga dihasilkanlah beberapa permainan edukatif berbasis sains serta pojok pustaka kecil khusus untuk buku-buku sains.

Terdapat beberapa permainan edukatif yang dirancang pada kegiatan ini. Permainan pertama adalah jalur bola luncur yang menerapkan dan mengajarkan kepada anak tentang konsep fisika mekanika terkait dengan percepatan benda. Kedua adalah Spinner Board Ular Tangga yang mengajarkan konsep dasar berhitung pada anak-anak dengan cara memutar spinner board sambal bermain bermain ular tangga. Ketiga adalah permainan 5 in 1 yang di khususkan untuk anak-anak dengan usia 4-6 tahun. Pada permainan tersebut terdapat 5 sisi berbeda yang di desain dengan tujuan untuk melatih motorik, kognitif, dan afektif serta psikomotorik pada anak.

Selain beberapa permainan yang sudah disebutkan sebelumnya, Pondok IPTEK FT UI juga memfasilitasi anak-anak dengan beberapa permainan sains lainnya yang di desain dengan ukuran lebih kecil. Ibu Nasini, salah satu pengurus dari RPTRA Seruni, mengatakan “Kegiatan pembuatan Pondok IPTEK FT UI yang dilaksanakan sangat memberikan manfaat untuk anak-anak, karena sejak adanya permainan edukatif dan buku-buku sains, anak-anak semakin antusias dan semangat untuk membaca. Sehingga kegiatan mereka dalam bermain dapat terarah menjadi lebih positif. Besar harapan kami, apa yang sudah tim pelaksana lakukan pada program FT UI Peduli ini dapat memberikan manfaat untuk warga sekitar RPTRA Seruni khususnya untuk anak-anak.”.

Selain itu, Pondok IPTEK FT UI juga melakukan pengadaan buku sains anak yang bertujuan untuk meningkatkan aktivitas gemar membaca sejak dini serta memperluas wawasan terkait IPTEK. Beberapa buku yang diperoleh merupakan hasil donasi dari beberapa mahasiswa dan dosen di FT UI.