id
id

Persiapkan Lulusan Hadapi Dunia Kerja, UI Gandeng Linkedin

Pada Kamis, (24/3) lalu, DPKHA UI melaksanakan Rapat Koordinasi Pemanfaatan Linkedin. Dalam rapat ini dihadirkan Ronny Supardi sebagai pembicara untuk menyampaikan manfaat Linkedin bagi sivitas akademika UI. Mewakili FTUI, CDC FTUI turut hadir untuk mempelajari kegunaan dan pemanfaatan platform ini bagi para mahasiswa dan lulusan FTUI.

Linkedin Learning adalah penyedia kursus online terbuka dari Amerika Serikat. Platform ini menyediakan kursus video yang diajarkan oleh pakar industri yang dapat diakses melalui perangkat lunak. Linkedin Learning sendiri merupakan anak perusahaan Linkedin. Terdapat empat kategori pada Linkedin Learning, yaitu Business, Technology & Software Engineering, Professional Development & Business Software, dan Diversity Equity & Inclusion. Video pembelajaran tersedia secara offline maupun online. Dalam rentang waktu seminggu, Linkedin Learning dapat mengunggah hingga 25 video baru.

“Pertumbuhan Linkedin tahun ini bisa dibilang cukup pesat. Terhitung pengguna Linkedin di Indonesia sudah mencapai 16 juta pengguna. Oleh karena itu, ensure quality dari video Linkedin Learning, kita telah memiliki studio sendiri untuk membuat video pembelajaran,” kata Ronny Supardi.

Setiap pengguna yang dapat menyelesai menyelesaikan course akan  mendapatkan sertifikat. Sertifikat tersebut dapat ditambahkan untuk memperkaya pengetahuan dan membangun profil pengguna. Sementara itu, Ronny menjelaskan manfaat yang didapatkan pengguna dengan berlangganan Linkedin Learning Hub, yakni mempermudah pengguna menemukan konten pengembangan skill yang tepat, pengguna dapat terhubung pengguna lainnya melalui fitur learning groups, social panel, Q&A, dan fitur lainnya. Lalu, pengguna akan mendapat timbal balik mengenai perkembangan skill dan pembelajaran yang telah dicapai selama mengikuti course.

Kurikulum Linkedin Learning bernama Linkedin Pad. Kurikulum ini berisi internal dan eksternal konten yang dapat disesuaikan sesuai dengan kebutuhan. Hal ini dapat diatur oleh Universitas Indonesia yang nantinya akan diberi akses admin Linkedin Learning. Rencananya uji coba akun Linkedin Learning ini akan diberikan kepada mahasiswa tingkat terakhir yang berada pada masa transisi untuk meniti karier.

Ditemui dikesempatan terpisah, Dekan FTUI, Prof. Dr. Heri Hermansyah, ST., M.Eng., IPU menyampaikan, “Semoga kedepannya mahasiswa dan lulusan UI dapat memanfaatkan aplikasi ini untuk mempersiapkan diri menghadapi dunia karir. Mulai dari berjejaring hingga memasarkan kemampuan yang dimilikinya baik secara akademis maupun non akademis agar dilirik oleh perusahaan dan industri.”

***

Biro Komunikasi Publik
Fakultas Teknik Universitas Indonesia

 

X