presentasi-peneliti-1

presentasi-peneliti-2

presentasi-peneliti-3

Selasa 28 oktober 2014 bertempat di hotel Ambhara Jakarta Selatan para peneliti ftui yang tergabung dalam grup riset Tropical Renewable Energy Centre (TREC) mempresentasikan beberapa hasil riset mengenai energi terbarukan dalam acara workshop yang diselenggarakan Pusat Penelitian dan Pengembangan Teknologi Ketenagalistrikan (P3TEK) ESDM.

Dalam acara workshop yang dibuka oleh kepala P3TK Bapak Kasbani dan Dekan Fakultas Teknik Universitas Indonesia Prof. Dedi Priadi ini di presentasikan bermacam riset mengenai energi terbarukan yang dapat dikembangkan di masa depan. Presentasi pertama oleh Prof. Adi Suryo yang mempresentasikan Pemanfaatan Biomassa Sebagai Energi Alternatif, lalu Prof. Akhmad Herman Yuwono mempresentasikan Teknologi Nanomaterial untuk Energi Terbarukan dan Dr. Farizal yang mempresentasikan Renewable Energy System Engineering Past and Future Research Selain presentasi oleh tim TREC juga di presentasikan hasil penelitian oleh peneliti dari pihak P3TEK. Peserta workshop ini adalah para peneliti dari P3TEK dan Pihak Peneliti dan Mahasiswa Universitas Indonesia

Tujuan diselenggarakan nya acara ini adalah untuk menyelaraskan berbagai riset yang sudah dilakukan oleh P3TEK dan TREC sehingga dapat dilakukan riset bersama untuk meneliti Energi Terbarukan di Indonesia. TREC sendiri merupakan grup riset yang di prakarsai oleh Dekan FTUI Prof. Dedi Priadi serta di koordinir oleh Dr- Ing Eko Adhi Setiawan yang terbagi dalam enam cluster research yaitu :

  1. Solar Thermal Cooling and Refrigeration (Prof. Idrus Alhamid)
  2. Renewable Energy System Engineering (Farizal Ph.D)
  3. Environment Protection (Dr. Nyoman Suwartha)
  4. Nanostructure-Energy-Materials (Prof. Akhmad Herman Yuwono)
  5. Biomass and Gasification (Prof. Adi Suyo Satyo)
  6. Power Electronics and Control (Dr. Feri Yusivar)

TREC dibuat dengan tujuan untuk mengangkat peran energi terbarukan dalam pembangunan berkelanjutan dengan menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk mengembangkan metode dan desain yang efisien dari sistem energi terbarukan

Diharapkan dengan langkah mengadakan kerjasama dengan P3TEK ESDM dapat terjadi kolaborasi intensif yang menghasilkan prototipe yang lebih baik mengenai konsep dan kebijakan sistem energi terbarukan sehingga dapat mendorong pemerintah, pembuat kebijakan, industri dan lembaga penelitian di semua tingkatan dan wilayah. (Humas FT)

FacebookTwitter
X