FacebookTwitterGoogle+PinterestShare

IMG-20170618-WA0001

Civitas FTUI kembali meraih prestasi Internasional, kali ini Mohamad Lutfi Ramadhan, mahasiswa Magister Teknik (S2) Departemen Teknik Mesin, peminatan Sistem Utilitas Bangunan dan Teknik Keselamatan Kebakaran (Fire Safety Engineering) terpilih sebagai penerima penghargaan Sheldon Tieszen Student Award pada acara simposium internasional “the 12th International Symposium on Fire Safety Science” yang diselenggarakan di Kota Lund, Swedia, pada tanggal 11-16 Juni 2017. Lutfi terpilih dari 41 kandidat dunia lainnya dan menerima plakat pada upacara khusus yang diadakan pada simposium tersebut.

Penghargaan ini di sponsori oleh the International FORUM of Fire Safety Directors (http://fireforum.org/), sebuah kelompok yang terdiri dari para direktur organisasi riset kebakaran di seluruh dunia, yang memiliki peran penting dalam ilmu keselamatan kebakaran melalui kerjasama internasional dalam penelitian keselamatan kebakaran dunia.

Penghargaan ini diberikan berdasarkan penilaian tim juri atas keunggulan dalam penulisan artikel ilmiah oleh tim mahasiswa bersama dosen pembimbing, yang diterima dan memberikan kontribusi yang signifikan dalam ilmu keselamatan kebakaran. Mahasiswa penerima penghargaan ini, diwajibkan untuk menyampaikan “oral presentation” dalam  simposium internasional IAFSS.

Simposium internasional IAFSS ini merupakan acara terbesar untuk bidang ilmu keselamatan kebakaran yang diselenggarakan setiap 3 tahun sekali.

Pada simposium tersebut, Lutfi mempresentasikan makalah hasil penelitian  skala laboratorium berjudul, “Experimental study of the effect of water spray on the spread of smoldering in Indonesian peat fires”.

Makalah ini berisi tentang penelitian karakteristik pembakaran gambut Indonesia, serta perhitungan kebutuhan air untuk pemadaman.

Penelitian eksperimental yang dilaksanakan oleh Lutfi dan tim, dilaksanakan di Laboratorium Termodinamika Departemen Teknik Mesin FTUI, dibawah bimbingan Prof. Yulianto S. Nugroho, dengan artikel ilmiah ditulis bersama Fahri Ali Imran, Pither Palamba, dan Dr. Engkos Ahmad Kosasih.

Bersama dengan tim Fire Safety Engineering Research Group Universitas Indonesia, Lutfi memiliki harapan untuk membangun kesadaran dan keunggulan dalam ilmu keselamatan kebakaran di Indonesia. (DTM FTUI)

IMG-20170618-WA0002 IMG-20170618-WA0003