tekim

Mahasiswa Teknik Kimia UI raih prestasi 1st winner dengan predikat Best Innovation Award dan runner up dengan predikat Best Presentation Award dalam Ajang International Biotechnology Competition and Exhibition 2015 di Malaysia

IBCEx merupakan sebuah kompetisi inovasi produk tingkat internasional di bidang bioteknologi yang diselenggarakan oleh Asosiasi Mahasiswa Bioproses Universiti Teknologi Malaysia (BIOSS UTM). Tema yang dibawakan pada kompetisi tahun ini adalah “Innnovation for Competitive and Dynamic Generation.” Pada tahun ini asosiasi mahasiswa Bioproses UTM (BIOSS UTM) mengundang universitas-universitas dari perguruan tinggi di seluruh Negara serta asosiasi-asosiasi mahasiswa bioproses untuk turut mengirimkan perwakilan dalam kompetisi ini.

Melalui kompetisi produk inovasi mahasiswa ini diharapkan dapat membangun jiwa kreatif, inovatif, dan kompetitif para pemuda di bidang bioteknologi sehingga mampu menghasilkan produk bioteknologi yang memiliki pengaruh positif yang luas bagi masyarakat dunia.

Tim Cheesava terdiri dari Sri Ayu Lestari (Teknologi Bioproses 2011), Anifah (Teknik Kimia 2011) Saeful Pranata (Teknologi Bioproses 2011) dan Kirstie Imelda Majesty (Teknologi Bioproses 2011) sebagai delegasi UI berhasil meraih 1st winner dengan predikat Best Innovation Award dalam ajang International Biotechnology Competition and Exhibition (IBCEx) 2015, kompetisi produk inovatif tingkat internasional, yang diselenggarakan pada tanggal 12 April 2015 lalu di Malaysia.

Dalam kompetisi ini Tim Cheesava membawakan produk inovasi berupa keju sintetik berbahan dasar singkong. Keju dibuat dari singkong tanpa melalui proses fermentasi hingga memiliki rasa, warna, dan tekstur yang menyerupai keju asli.

“Singkong selama ini dianggap makanan murahan, paling pol diolah jadi jajanan pasar dan kripik. Berseberangan dengan keju yang dianggap makanan elit dan konsumsi rutin anak-anak orang kaya, toping makanan-makanan olahan mahal. Kami mencoba menggabungkan dua gap stigma tersebut melalui produk keju sintesis ini. Ditambah peluang impact kedepannya terhadap lapangan kerja dan pemberdayaan para petani singkong”.

Tim Vlakes yang terdiri dari Muslimah (Teknologi Bioproses 2011), Mohamad Teguh Gumelar (Teknologi Bioproses 2011), Laras Ragil Kuncoro Putri (Teknologi Bioproses 2012), dan Septi Niawati (Teknologi Bioproses 2012) Universitas Indonesia berhasil meraih prestasi runner up dengan predikat Best Presentation Award dalam ajang International Biotechnology Competition and Exhibition (IBCEx) 2015.

Tim Vlakes membawakan produk inovasi berupa kudapan untuk diet (dietary snack) berbahan baku beras merah, tapai singkong, dan diperkaya dengan sayuran berupa wortel, bayam, dan sayuran lainnya. tim Vlakes sebagai delegasi dari Universitas Indonesia berhasil menjadi basis percontohan presentasi produk oleh juri untuk tim delegasi dari universitas dan Negara lain. (KMAV FTUI)

FacebookTwitter