id
id

Prestasi Mahasiswa FT di Lomba Rancang Kuda-Kuda

kuda kuda 1 resize kuda kuda 2 resize kuda kuda 3 resize

Annisa Salsabila, Reza Riil Akbar, dan Rinaldi Dwiyanto yang merupakan mahasiswa Departemen Teknik Sipil FTUI ini bergabung dengan nama Tim Arashel UI,baru saja selesai mengikuti Lomba Rancang Kuda-Kuda Nasional VII UGM 2015. Lomba Rancang Kuda-Kuda adalah salah satu rangkaian acara “Civil In Action 4” yang diselenggarakan oleh mahasiswa Teknik Sipil Universitas Gajah Mada, Yogyakarta. Lomba ini bertaraf nasional tingkat mahasiswa dimana terdapat 15 finalis dari seluruh Indonesia seperti ITS, UGM, Undip, UNS dan lain-lain yang mewakili universitas masing-masing setelah disaring dari 57 tim. Dalam lomba ini, peserta diwajibkan untuk membuat rancangan kuda-kuda yang inovatif, ringan, dan kokoh sesuai dengan tema lomba tahun ini.

Perlombaan final ini dilaksanakan pada tanggal 10-12 Mei 2015 di Kantor Pusat Fakultas Teknik UGM. Minggu, 10 Mei 2015 diadakan technical meeting perlombaan ini, lalu keesokan harinya Tim Arashel UI melakukan perakitan struktur kuda-kuda yang berlangsung sekitar empat jam dan dilanjutkan oleh presentasi dihadapan dewan juri yang merupakan Dosen UGM dan Praktisi dari PT. Waskita Karya.

Selasa, 12 Mei 2015 di Kantor Pusat Fakultas Teknik UGM diadakan proses pengujian terhadap kuda-kuda dari seluruh tim yang telah dibuat. Pengujian yang dilakukan adalah pengujian berat jenis kayu yang digunakan sebagai material dari kuda-kuda, penimbangan berat struktur kuda-kuda, perhitungan lendutan kuda-kuda terhadap beban 100 kg, dan ketepatan beban rencana kuda-kuda dari masing-masing tim terhadap beban aktual. Dari pengujian yang dilakukan, struktur kuda-kuda Tim Arashel UI merupakan salah satu yang paling ringan dan juga mempunyai lendutan yang terkecil dari ke 15 finalis serta ketepatan beban rencana dengan beban aktual hanya berbeda 10 kg.

Pengumuman juara dilaksanakan pada hari yang sama, Selasa, 12 Mei 2015. Pada hari tersebut diumumkan bahwa Tim Arashel perwakilan dari Universitas Indonesia dinobatkan sebagai Juara II (dua), sedangkan UNY menjadi Juara I (satu), ITS menjadi Juara III (tiga), dan tuan rumah UGM menjadi Juara Terinovatif. (Kemahasiswaan FTUI)

X