id
id

Prestasi Mahasiswa FTUI di Kompetisi Mobil Hemat Energi

Sivitas Akademika FTUI kembali meraih prestasi membanggakan, berikut laporan yang diterima Humas FT dari Dosen Departemen Teknik Mesin FTUI, Dr. Ario Sunar Baskoro.

Alhamdulillah UI kembali dapat meraih medali emas di Kompetisi Mobil Hemat Energi (KMHE) 2016 di Prambanan Yogyakarta tgl 31 Oktober – 4 Nopember 2016 dengan tuan rumah UGM. Tim UI berhasil mendapat medali emas di kelas Prototipe Gasoline oleh tim Nakoela Hore dengan perolehan 894 km/l dan Urban Gasoline oleh tim Sadewa Hore dengan perolehan 401 km/l.

Kemenangan dramatis ini diperoleh pada hari terakhir pelaksanaan lomba. Setelah di hari pertama tim Urban UI sempat memimpin perolehan dg 387 km/ di hari pertama. Kemudian disusul oleh Urban ITS dg 394 km/l di hari kedua. Dan di hari terakhir disalip lagi oleh tim UI dg pencapaian 401 km/l.

Sedangkan di kelas prototipe, perjuangan tim mahasiswa sudah sangat maksimal. Dimana pada hari kedua, mobil Nakoela sempat terguling di tikungan. Hal ini dikarenakan kecepatan driver yg masih tinggi namun tikungannya cukup tajam. Kondisi track di Prambanan relatif sempit dengan tikungan yang tajam. Mirip dengan sirkuit F1 Monaco. Walaupun sudah terguling, driver masih aman dan mobilĀ  tidak mengalami kerusakan yang berarti. Hal ini menunjukkan bahwa desain kendaraan sudah cukup safe utk dikendarai. Dan akhirnya tim prototipe UI mendapat hasil 894 km/l.

Ditambah dengan hasil juara 2 FDR award yg merupakan hadiah dari sponsor. Adapun penilaiannya didasarkan pada kendaraan yang menggunakan ban FDR dengan kecepatan lap terbaik/tercepat pada hasil attempt yang tertinggi. Pada lomba kali ini, track sejauh kurang lebih 1.5 km/lap dengan total 6 lap harus diselesaikan dalam waktu maksimal 30 menit.

Dengan hasil 2 medali emas ini menempatkan UI sebagai juara umum KMHE 2016.
Pada KMHE 2016 ini dipertandingkan 60 kendaraan dr 38 perguruan tinggi/akademi/politeknik se-Indonesia.

Tim mahasiswa UI didampingi oleh Prof Bambang Sugiarto (pembimbing), Prof Danardono (pembimbing), Dr. Ario SB (juri), bu Anna dan tim (kemahasiswaan UI).

Pada kesempatan kali ini, kami menyampaikan banyak terima kasih kepada pimpinan Departemen Teknik Mesin, pimpinan Fakultas Teknik UI, pimpinan UI serta Direktorat Kemahasiswaan UI, seluruh dosen, mahasiswa, karyawan, alumni, dan sivitas akademik UI. juga terima kasih buat pak Adit sebagai tim pembimbing yang tidak bisa hadir ke KMHE kali ini untuk persiapan defense.

Semoga di lomba KMHE ini dapat meningkatkan semangat dalam mempersiapkan kompetisi SEM di Singapura bulan Maret 2017.

Berikut disampaikan hasil perolehan akhir dg konsumsi bahan bakarnya.

Prototype Bensin
Juara 1 Nakoela UI (894 km/l)
Juara 2 Batavia UNJ (572 km/l)

Prototype Diesel
juara 1 apate UB (307 km/l)
juara 2 semar UGM (238 km/l)

Prototype Etanol
juara 1 Rakata ITB (596 km/l)
juara 2 Majapahit UB (265 km/l)

Prototype Listrik
Juara 1 Batavia UNJ (321 km/kWh)
Juara 2 Apate UB (275 km/kWh)

Urban Gasoline
Juara 1 Sadewa Hore UI (401 km/l)
Juara 2 ITS Team 3 (394 km/l)

Urban Diesel
Juara 1 ITS Team 2 (335 km/l)
Juara 2 Sebelas Maret (268 km/l)

Urban Ethanol
Juara 1 Cula Satu Universitas Ageng Tirtayasa (102 km/l)
Juara 2 Ethanol UNDIP (82 km/l)

Urban Listrik
Juara 1 Bumisiliwangi UPI (180 km/kWh)
Juara 2 Nogogeni ITS (152 km/kWh)

JUARA UMUM
Universitas Indonesia

Best Team UPI
Best Video UGM

Laporan: Dr. Ario Sunar Baskoro, Departemen Teknik Mesin FTUI

 

Link berita terkait:

http://jogja.tribunnews.com/2016/11/05/ui-sabet-gelar-juara-umum-di-kmhe-2016

 

X