id
id

Prestasi Tim DTM FTUI di LKTIN GSC

 

GSC

3 mahasiswa Departemen Teknik Mesin (DTM) Fakultas Teknik Universitas Indonesia berhasil mendapatkan penghargaan juara 1 dan video terfavorit dalam ajang Lomba Karya Tulis Ilmiah Tingkat Nasional Green Scientific Competition (LKTIN GSC) yang diselenggarakan oleh Engineering Research Club (EnerRC) Fakultas Teknik Universitas Negeri Semarang. Kompetisi tersebut diselenggarakan di Fakultas Teknik Universitas Negeri Semarang pada April-Juni 2015.

LKTIN GSC merupakan kompetisi penulisan karya tulis ilmiah keteknikan tingkat perguruan tinggi yang diselenggarakan secara nasional setiap tahunnya. Kompetisi ini juga didukung oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan serta Pemerintah Provinsi Jawa Tengah. LKTIN GSC diikuti oleh 252 tim dari 80 universitas di Indonesia. Dari 252 tim yang mengirim proposal kemudian dipilih 10 tim untuk mengikuti grand final di Universitas Negeri Semarang pada 5-7 Juni 2015.

Dalam lomba tersebut, UI mengirim proposal sebanyak 5 buah dari 5 tim dan hanya 1 tim yang dipilih masuk ke grand final yaitu tim dari Departemen Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Indonesia (DTM FTUI) yang beranggotakan Bintang Samudra (Mesin 2012), Dick Bernardi (Mesin 2012) dan Mario Muhammad (Mesin 2012) yang dibimbing oleh Bapak Ardiyansyah S.T., M.Eng., PhD. Karya tulis mereka yang berjudul ”Sistem Refrigerasi Vortex Tube untuk Pengawetan Ikan Menggunakan Energi Gelombang Air Laut” berhasil meraih Juara 1 dan penghargaan video terfavorit mengalahkan tim dari Universitas Negeri Yogyakarta (Juara 2) dan Institut Teknologi Sepuluh November (Juara 3).

Dalam rangkaian acara grand final tersebut, para finalis juga melakukan penanaman mangrove di Pantai Mangunharjo, Semarang, untuk membantu mencegah terjadinya abrasi dan berkontribusi melakukan penghijauan di kawasan pesisir kota Semarang. Kegiatan tersebut juga bermanfaat untuk membangkitkan semangat mahasiswa dalam menjaga lingkungan.

X