Pada tanggal 23 – 25 April 2015, Tim Robotika Universitas Indonesia (TRUI) mengikuti Kontes Robot Indonesia Regional 2 di Universitas Budi Luhur. Kontes Robot Indonesia (KRI) adalah kumpulan kompetisi robotika yang diadakan oleh Dirjen Pendidikan Tinggi (DIKTI) sebagai sarana bagi mahasiswa Indonesia untuk mengembangkan teknologi robotika.Kontes Robot Indonesia (KRI) Regional 2 diikuti oleh Universitas / Perguruan Tinggi seperti ITB, POLBAN (Politeknik Bandung), IT Telkom, Universitas Kristen Maranatha, dan universitas lainnya di sekitar Banten & Jawa Barat.

Kontes Robot Indonesia (KRI) terbagi atas lima kategori lomba yaitu Kontes Robot Abu Indonesia (Robot Badminton), KRSI (Kontes Robot Seni Indonesia), KRSBI (Kontes Robot Sepak Bola Indonesia) dan Kontes Robot Pemadam Api Indonesia (KRPAI) Divisi Berkaki& Divisi Beroda. Tim Robotika Univeritas Indonesia (TRUI) sendiri mewakilkan lima tim nya untuk mengikuti semua kompetisi tersebut.

robot 1 resize

 Gambar 1. Robot Bambangan Cakil KRSI UI

Pada Kontes Robot Seni Indonesia (KRSI) Regional 2, Tim dari TRUI: Ashvara berhasil memenangkan Juara 3. Ashvara membawakan 2 robot jenis Humanoid yang dapat menari Tarian “Bambangan Cakil”, di mana robot “Bambangan” dan robot “Cakil” memerankan tarian adegan saling perang.Gerakkan pada Tarian Bambangan Cakil antara lain: Gerak Ksatria (Bambangan) berupa gerak hoyogan, pentangan kenser, ulap-ulap, kebyo, besud. Gerak Cakil berupa gerak ulap-ulap, ngasak, gerak perang, variasi cakil dan gaya cakil. Lomba KRSI ini diharapkan dapat mempopulerkan Tarian-Tarian Tradisional Indonesia melalui Teknologi Robotika.

robot 2 resize

Gambar 2. Anggota Lomba Regional 2 Tim KRSI UI: Ashvara

Tim Ashvara yang turun ke lomba beranggotakan 4 orang, di antaranya Farid Prasaja Putera (T. Komputer 2012) selaku Ketua Tim; Sanadhi Sutandi (T. Komputer 2012) programmer motion tarian; Shiva Samara (Sastra Jawa 2013)bagian elektrikal yang merancang & membuat sistem elektrik robot; Monica Sidharta (Arsitektur 2012) yang merancang sistem mekanik robot. Namun dalam pengerjaannya Ashvara dibantu oleh beberapa anggota lain yang berjuang mempersiapkan lomba selama kurang lebih 4 bulan terakhir ini.

robot 3 resize

Gambar 3. Anggota Full Team KRSI UI: Ashvara

Selain Tim Ashvara, dalam Kontes Robot Abu Indonesia (Robot Badminton), Tim dari TRUI: TRUI-bot-PRJ berhasil menyabet kategori Juara Desain Terbaik (Best Design). Kontes Robot Abu Indonesia (KRAI) sendiri merupakan kompetisi dengan robot-robot berukuran besar di mana pada tahun ini memiliki Tema Robominton (2 Robot yang dapat bermain Badminton – Ganda). TRUI-bot-PRJ menurunkan 2 robot, yakni 1 robot manual (Robot Service) dan 1 robot semi-otomatis (Robot Hitter).

robot 4 resize

Gambar 4. Robot Semi Otomatis (Robot Hitter): TRUI-bot-PRJ

robot 5 resize

Gambar 5. Anggota Lomba Regional 2 KRAI UI: TRUI-bot-PRJ

Tim TRUI-bot-PRJ yang turun lomba terdiri dari 5 peserta, yakni Lintang Sutawika (T. Elektro 2011) selaku Driver Robot Service; Dean Zaka Hidayat (T. Komputer 2011) sebagai Driver Robot Hitter. Kemudian ada Saifan Rizaldy (T. Mesin 2012) yang bertindak sebagai Chief Engineer & perancang-produksi Mechanic dari Robot; Dita Tessa Parastika (T. Elektro 2012) sebagai Ketua Tim-IManagerial; serta Lazuardi Avicienna (T. Elektro 2013) selaku Elektrikal yang memproduksi sistem elektrikal. Selain ke-5 orang tersebut ada anggota-anggota lain yang sudah luar biasa mempersiapkan robot ini, baik dari angkatan 2012, 2013 dan 2014 dari FT, FMIPA dan FEB UI.

robot 6 resize

Gambar 6. Anggota Full Team KRAI UI: TRUI-bot-PRJ

Pemenang pada Kontes Robot Indonesia Regional akan diikutseratakan dalam Kontes Robot Indonesia (Nasional) di Yogyakarta di mana para pemenang akan di-ranking berdasarkan poin tertinggi. Diharapkan dari poin yang telah diperjuangkan Tim Ashvara dan TRUI-bot-PRJ dapat mengantarkan perjuangannya di Nasional.

Tidak hanya itu Tim TRUI yang berjuang pada KRI Regional 2, antara lain WildWire (KRPAI Beroda), Robusta (KRPAI Berkaki) dan Prometheus (KRSBI). Selain ke-lima tim tersebut ada Divisi Terbang, Divisi AMV (KKCTBN – Kontes Kapal Cepat Tak Berawak Nasional) yang bekerja sama dengan Teknik Perkapalan UI.

Semoga melalui doa dan sokongan dari Dosen, Tim Robotika UI tetap eksis dalam setiap perlombaan Robotika di Kontes Robotika Indonesia. “Karena sejauh apapun jaraknya, Doa pasti akan sampai” Red –Jen (Tim Robotika UI)

FacebookTwitter