id
id

Prof. Bambang Brojonegoro Sampaikan Dukungan Agar FTUI Menjadi Pelopor Hilirisasi Produk Inovasi

Majelis Wali Amanat (MWA) adalah badan tertinggi di universitas yang mewakili kepentingan pemerintah, kepentingan masyarakat dan kepentingan universitas itu sendiri. MWA UI menjalankan fungsi normatif di bidang non-akademik yang mewakili Pemerintah, Masyarakat dan UI untuk menentukan kebijakan umum, mengawasi dan mengevaluasi pengelolaan UI termasuk kondisi kesehatan keuangan.

Pada Rabu (23/03), Dekan FTUI, Prof. Dr. Heri Hermansyah, ST., M.Eng., IPU didampingi oleh Manajer Kemahasiswaan, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, Dr.rer.pol. Romadhani Ardi, S.T., M.T., Manajer Kerjasama, Ventura dan Alumni, Dr.-Ing. Ir. Dalhar Susanto, dan Kepala Unit Wirausaha Inovasi dan Kepala Reverse Engineering Center, Dr. Muhamad Sahlan, S.Si., M.Eng. bertemu dengan Prof. Bambang Permadi Soemantri Brodjonegoro, S.E., M.U.P., Ph.D., salah satu anggotan MWA UI yang juga adalah komisaris dari enam perusahaan publik besar di Indonesia.

Pada pertemuan tersebut, Dekan Heri melaporkan perkembangan FTUI setelah pergantian kepemimpinan dari periode pimpinan sebelumnya dan menjelaskan rencana empat tahun kedepan. “Kedepannya, kami ingin melanjutkan capaian yang telah dilakukan oleh Dekan periode sebelumnya. Beberapa hal yang menjadi fokus pengembangan empat tahun kedepan adalah menghasilkan inovasi penelitian dan mengembangkan FTUI dengan 3 strategi, moderenisasi dan internasionalisasi pendidikan, menghasilkan produk inovasi melalui wirausaha inovasi serta memperhatikan trend interdisiplin keteknikan,” kata Dekan Heri.

Untuk mewujudkan hal ini, FTUI membentuk tiga unit baru, Unit Wirausaha Inovasi, Unit Modernisasi dan Internasionalisasi Pendidikan, dan Unit Pendidikan dan Penelitian Interdisiplin Keteknikan. Tahun 2021, FTUI telah menyelesaikan pembangunan Gedung i-CELL FTUI yang merupakan laboratorium pendidikan lintas disiplin. Penelitian lintas disiplin FTUI telah menghasilkan banyak karya inovasi, dua tahun terakhir dihasilkan banyak inovasi terkait penanggulangan pandemi Covid-19 seperti ventilator COVENT-20, air purifier PUVICON, propolis, dan masih banyak lagi.

Prof. Bambang Brojonegoro menyambut baik rencana pengembangan FTUI kedepannya. “Insya Allah, saya siap mendukung rencana Pak Dekan untuk mengembangkan FTUI menjadi lebih baik. Semoga kedepannya FTUI dapat menjadi pelopor hilirisasi produk inovasi dibidang teknologi dan dapat memberikan dampak yang lebih bagi masyarakat Indonesia.”

 

***

Biro Komunikasi Publik
Fakultas Teknik Universitas Indonesia

X