Dr Marzuki 1 Dr. Marzuki 2

Paduan berbasis Fe merupakan bahan potensial sebagai material tahan temperatur tinggi, misalnya sebagai alternatif pengganti bahan interkonektor keramik pada SOFC (solid oxide fuel cell). Pengembangan paduan berbasis Fe untuk aplikasi sebagai interkonektor yang dilakukan dengan penambahan Cr, masih memerlukan modifikasi. Paduan berbasis Fe-Cr memiliki beberapa keuntungan untuk menggantikan material tradisionil berbasis keramik sebagai material inter-koneksi pada sel bakar oksida padat.

Fe-Cr adalah paduan yang memiliki ketahanan temperatur tinggi dan potensial digunakan sebagai interkonektor pada sel bakar SOFC. Metode sintesis paduan Fe-Cr yaitu metode peleburan, metalurgi serbuk ataupun metode pemaduan mekanik memiliki kelemahan yaitu pada paduan tidak homogen, terdapat oksida, proses panjang dan membutuhkan waktu lama. Untuk itu penting untuk menghasilkan paduan mikro Fe-Cr yang memiliki kestabilan fasa dan sifat mekanis baik.

Metode ultrasonic dapat dimanfaatkan untuk sintesis paduan mikro homogen melalui penggunaan gelombang suara ultrasonik. Gelombang suara ultrasonik menghasilkan kavitasi. Runtuhan kavitasi sebagai reaktor mikro bisa menghasilkan temperatur sekitar 4737 derajat celcius dan tekanan sekitar 1000 atm, serta gelombang kejut. Metode ultrasonik dapat dimanfaatkan untuk sintesis paduan mikro Fe-Cr yang homogen pada oksida sehingga bisa mengatasi kelemahan metode pembuatan paduan berbasis Fe saat ini.

Dr. Marzuki Silalahi mempertahankan disertasinya yang berjudul “Pembuatan Paduan Fe-Cr Menggunakan Metode Ultrasonik” pada Sidang Terbuka Promosi Doktor yang digelar pada hari Rabu, 3 Desember 2014 bertempat di Ruang Chevron, Gedung Dekanat FTUI. Sidang terbuka dipimpin oleh Dekan FTUI, Prof. Dedi Priadi, DEA dengan Promotor Prof. Dr.-Ing. Ir. Bambang Suharno serta Ko-Promotor 1, Dr. Ir. Sri Harjanto dan Ko-Promotor 2, Dr.-Ing. Pudji Untoro. Panitia penguji terdiri dari Dr.-Ing Pudji Untoro, Dr. Aziz Khn Jahya, M.Sc, Dr. Ir. Myrna Ariati Mochtar, M.Si, Prof. Dr. Ir. Anne Zulfia Syahrial, M.Sc serta Prof. Dr. Ir. Akhmad Herman Yuwono, M.Phil.Eng.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode ultrasonic dapat diandalkan sebagai alternatif dalam pembuatan paduan berbasis Fe untuk mengatasi kendala homogenisasi dan oksidasi yang dihadapi pada metode saat ini. (Humas FT)

FacebookTwitter
X