id
id

Research Forum: Breakthrough in Chemical Engineering

Pada Rabu, (08/06) lalu,  Research Forum Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FTUI) kembali mengadakan Sharing Session Young ScientistAcara ini menghadirkan pembicara yang berasal dari Bolu Abant Izzet Baysal University Turki, yaitu Assoc. Prof. Dr. Turgay Pekdemir.

Prof. Dr. Turgay Pekdemir menyampaikan materi bertajuk “Breakthrough in Chemical Engineering“. Dalam pemaparannya beliau menyampaikan bahwa teknik kimia membentuk masa depan dan kehidupan   masyarakat modern dapat berjalan dengan bantuan para insinyur teknik kimia.

“Melalui akademisi teknik kimia, diciptakan dan dikembangkan produk dengan mengubah bahan baku menjadi plastik, dan serat sintetis berasal dari bahan mentah. Produk yang dihasilkan kemudian dimanfaatkan oleh masyarakat. Tak hanya itu, insinyur teknik kimia juga mengoperasikan sistem yang mengubah keadaan kimia, biokimia, atau fisik suatu zat untuk menciptakan segala sesuatu mulai dari kebutuhan kosmetik hingga bahan bakar. Selain itu, insinyur teknik kimia juga mengelola sumber daya dan melindungi lingkungan,” kata Prof. Turgay.

Prof. Turgay menjelaskan bahwa program teknik kimia dapat menghasilkan insinyur teknik kimia yang hebat di masa depan dengan memperhatikan beberapa hal. Pertama, mahasiswa dididik sesuai dengan visi dan misi yang jelas. Lalu, program studi perlu memastikan kualitas pendidikan, penelitian, pengembangan, dan aplikasi. Terakhir, mahasiswa diajarkan untuk melakukan kontribusi publik sebaik jalan menuju kesempurnaan dengan merencanakan dan mengaplikasikan pengetahuan.

Dalam melaksanakan penelitian dan pengembangan, insinyur teknik kimia bekerja sama dengan insinyur dan mitra lain. Insinyur teknik kimia akan menggunakan ilmu sains untuk menyelidiki masalah dan merancang solusi untuk keselamatan, efisiensi, dan keberlanjutan. Seorang insinyur teknik kimia yang baik akan hadir dari hubungan interkoneksi yang berkesinambungan antara kegiatan pendidikan dan kebijakan yang diambil.

Abant İzzet Baysal University didirikan pada tanggal 3 Juli 1992. Kampus ini merupakan salah satu universitas terkemuka di Turki, terletak di daerah yang dikelilingi oleh keindahan alam antara dua kota metropolis İstanbul dan Ankara. Universitas yang telah berkembang pesat sejak memiliki kampus utama, yaitu Kampus İzzet Baysal, terletak di Gölköy. Universitas ini memiliki 17 fakultas, 1 institut, 1 sekolah, 8 sekolah kejuruan dan 15 pusat penelitian.

***

Biro Komunikasi Publik
Fakultas Teknik Universitas Indonesia

X