id
id

Sambutan Dekan FTUI pada Acara Dies Natalis FTUI ke 52 Senin, 18 Juli 2016

Yang terhormat:

Bpk Mentri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi atau yang mewakili, Rektor Universitas Indonesia. Prof. Muhammad Anis, Para wakil Rektor,  Direktur LPDP atau yang mewakili, Ketua dan sekretaris Guru Besar FTUI, Ketua dan sekretaris Senat Akdemik FTUI, para Sesepuh FTUI dan para mantan2 Dekan FTUI, Para Wakil Dekan, Para Ketua Departemen dan Sekretaris Departemen, Ketua Iluni-FTUI dan para ketua Iluni Departemen, Rekan-rekan dosen FTUI yang kami banggakan serta para  undangan yang saya mulyakan.

Assalamualaikum wr.wb, selamat malam, Selamat pagi dan salam sejahtera bagi Kita Semua

Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih dan maha Penyayang, marilah kita panjatkan rasa syukur kepada Allah SWT, sehingga pagi hari yang cerah ini kita dapat hadir di kampus tercinta ini dalam keadaan sehat wal’afiat untuk mengikuti acara Dies Natalis Fakultas Teknik yang ke 52 tahun. Kepada ALLAH SWT kita berharap agar sekiranya berkenan untuk senantiasa menganugerahkan kedamaian, kesejahteraan, kasih sayang dan berkah melimpah di Kampus tercinta ini. Hendaklah pula kita bersyukur diusianya yang ke 52 tahun,FTUI terus tumbuh berkembang mengisi hari ini dan seterusnya dengan mendidik anak-anak bangsa  membangun masa depan Indonesia dengan karya, kreativitas dan Inovasi serta semangat kemajuan dan kebersamaan.

Tema Dies Natalis Fakultas Teknik Universitas Indonesia tahun ini adalah ISO Aman Sehat dan Ramah Lingkungan

Kenapa??

FTUI tahun 2015, sudah tersertifikasi dan menerapkan ISO Management Mutu 9001-2015 mulai dari PAF hingga seluruh Departemen. (Hanya di FTUI yang memiliki dan menerapkan sisitim ini di UI). Dua Laboratorium yakni 1 di Teknik Sipil dan 1 di Departemen Metalurgi dan Material juga telah tersertifikasi ISO LAB 17025.

Selanjutnya sebagai bagian dalam program Green Campus UI, FTUI menjalankan berbagai program untuk peningkatan lingkungan kampus yang tertib, bersih, aman, selamat, hijau dan menumbuhkan kesadaran pentingnya konservasi energi dan air di lingkungan kampus.FTUI telah memiliki fasilitas pengolahan sampah tersendiri yang didukung dengan program pemilahan sampah. Pada bulan Oktober 2015 dilakukan kegiatan seminar pengurangan penggunaan kantong plastik dan peluncuran Bank Sampah serta sosialisasi  pilah sampah bekerja sama dengan Pemda Depok.Gedung S FTUI merupakan gedung yang telah menerapkan konservasi energi khususnya energi listrik melalui penerapan program SMART yang merupakan buah karya inovatif dosen FTUI.Kantin Teknik merupakan kantin yang telah memiliki fasilitas pembuangan limbah dan penanganan limbah tersendiri. Kantin Teknik secara reguler juga melakukan sertifikasi higenis melalui kerjasama dengan FKM, untuk memberikan jaminan keamanan makanan. Kita juga sudah menyiapkan fasilitas untuk mahasiswa difable. Dengan program yang berkelanjutan ini, Alhamdulillahkita berhasil mempertahankan posisi pertama dalam Greenmetric UI.

Pada acara Dies Natalis FTUI yang ke 52 ini, dengan bangga pula, kita luncurkan dan pamerkan karya/hasil riset FTUI yaitu Mobil Listrik Nasional FTUI. Terdiri dari :

  1. Bus Konversi Electric Vehicle yang berkapasitas 60 penumpang. Dengan kapasitas motor 220 kW dan baterai 300 Ah
  2. City/urban car konversi listrik Makara Electric Vehicle 01 (generasi pertama hasil rancangan Tim Molina UI dengan kapasitas motor 25 kW
  3. MEV 02 generasi ke 2 dengan menggunakan motor AC induksi daya 7,5 kW dan kapasitas baterai 102 Ah
  4. MEV 03 generasi ke 3 dengan teknologi sistim hibrid seri menggunakan motor AC induksi daya 32 kW dan kapasitas baterai 102 Ah.

SELAMAT, SUKSES SERTA BANGGA UNTUK TIM MOLINA UI….HEBAT DAN TETAP SEMANGAT

Pada kesempatan ini, kami sampaikan Terima kasih kepada Bapak direktur LPDP atau yang mewakili serta Bapak Dirjen Penguatan Riset dan Pengembangan KEMENRISTEKDIKTI atau yang mewakili yang telah mendukung pendanaan maupun bantuan arahan selama kegiatan riset ini berlangsung. Sehingga akhirnya hari ini kami dapat menyelesaikan dan memamerkan hasilnya bersamaan dengan acara Ulang Tahun FTUI yang ke 52. Tentunya program Molina UI tidak berhenti sampai disini saja, kita perlu dukung dan kembangkan lagi agar hasil riset Molina UI ini bisa dimanfaatkan oleh masyarakat, khususnya oleh Universitas Indonesia.

Bapak dan Ibu yang saya banggakan,

Untuk mengingat kembali, Fakultas Teknik Universitas Indonesia resmi berdiri sejak diterbitkannya Surat Keputusan Nomor 76 tanggal 17 Juli 1964. Awal kegiatan akademik FTUI pada tahun 1964 didukung oleh 30 tenaga dosen serta 11 tenaga nonakademis menyelenggarakan 32 mata ajaran. Mahasiswa tahun pertama yang lulus test dan diterima menjadi mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Indonesia berjumlah 199 orang.

FTUI sekarang ini adalah salah satu Fakultas terbesar di UI terdiri dari 7 Departemen menjalankan 12 Program studi dengan jumlah mahasiswa sekitar 5543 (1100 pasca sarjana (25%) dan 4400 sarjana), dosennya ada 230an, 85%  bergelar S3 dan yang membanggakan 54 dosen sudah Guru Besar (jumlah GB Fakultas terbanyak se UI) sekitar 4-5 sudah pensiun. Jumlah alumni per 2015 sekitar 22.500 (s1,s2,s3). Hampir semua Program studi terakreditasi A dan 7 departemen telah diakreditasi/sertifikasi oleh AUN (Asean University Network), Fakultas lain masih belum. Banyak sudah presetasi yang dicapai baik oleh mahasiswa, dosen dan karyawan ( Tahun 2016 FTUI menjadi Juara 1 dan 3 Ketua Program Studi terbaik yaitu Prof. Ir. Widjojo Adi Prakoso, M.Sc., Ph.D, Ketua Departemen Teknik Sipil dan Dr. Sriharjanto Ketua Departemen Teknik Metalurgi dan Material dan Juara 1 dan 2 dosen berprestasi tingkat UI, yakni Prof. Dr. Eng. Benyamin Kusumoputro, M.Eng dari DTE dan Dr. Agus Pamitran dari DTM-Perkapalan).

Fakultas teknik terus mengalami perubahan kearah yang membanggakan seiring dengan perubahan Universitas Indonesia yang saat ini dipimpin oleh dosen FTUI, Prof. Muhammad Anis, M.Perubahan itu dalam jangka pendek menciptakan efisiensi : kurikulum, sumber daya manusia, ruang/space, revenue, produk riset,  remunerasi, jumlah mahasiswa, infrastruktur dll.  Dari hasil pencapaian FTUI di atas adalah merupakan suatu kemajuan yang berkelanjutan  dari kepemimpinan para dekan sebelumnya yaitu sejak FTUI berdiri tahun 1964 sampai saat ini dan hal ini perlu dikembangkan lebih lanjut ke depan agar FTUI menjadi Fakultas Teknik dengan mutu yang berkelas dunia.

Kedepan FTUI memfokuskan upaya pada bidang sepert iinternasionalisas ipendidikan dan riset, kerjasama dengan industri, promosi kewirausahaan, dan lisensi teknologi, penataan kampus yang memelihara kreativitas, dengan visi membangun Universitas  Indonesia kelas dunia melalui penjangkauan internasional dibidang pendidikan dan penelitian yang bermanfaat.

Sesuai dengan Renstra FTUI Tahun 2013-2017, tahun 2015 tahap akselerasi dan 2016 merupakan tahap Keunggulan regional. Dalam tahap ini, FTUI semakin menunjukkan jati dirinya sebagai Fakultas Teknik terbaik, yang diakui secara nasional dan internasional untuk prestasinya. Berbagai capaian yang membanggakan telah diraih oleh FTUI sejalan dengan 7 unsur (Seven Hope) yang telah dicanangkan dalam Renstra FTUI. Tahun 2016 ini UI dengan Shell Eco Maraton menjadi juara 1 tingkat ASIA PACIFIC dan menjadi wakil Indonesia diajang kompetisi tingkat dunia di London UK pada awal bulan Juli kemarin . Tim RoboBoat UI menjadi juara ke 5 tingkat dunia di arena kompetisi International RoboBoat Competition 2016 di Amerika dan Tim SolarBoat UI menjadi juara ke 15 didunia dan ke 2 di Asia setelah China diajang kompetisi Dutch solar chalange 2016.

FTUI selalu memberikan stimulasi dan dukungan terhadap kegiatan positif mahasiswanya. Kegiatan mahasiswa FTUI pada tahun 2015 lalu berhasil memperoleh 330 penghargaan terdiri dari 36 penghargaan tingkat internasional, 256 penghargaan tingkat nasional, 13 penghargaan tingkat universitas

Akreditasi  internasional yang diperoleh FTUI khususnya melalui ASEAN University Network (AUN) QA dan pada tahun 2015 reakreditasi AUN untuk Departemen Teknik Sipil. Hasil yang diperoleh adalah dipertahankannya akreditasi AUN QA sehingga program studi utama FTUI telah meraih akreditasi AUN. Program internasionalisasi FTUI lainnya juga telah berjalan baik adalah program mahasiswa inbound dan outbound. Jumlah mahasiswa asing (inbound) di FTUI tahun 2015/2016 sebanyak 58 mahasiswa dari negara Jerman, Perancis, Kanada, Korea Selatan, Japan, Australia, USA, UK, Brazil dan negara-negara ASEAN. Sedangkan jumlah mahasiswa FTUI yang mengikuti kegiatan perkuliahan di luar negeri (outbund) sebanyak 150 mahasiswa. Begitu juga halnya dengan mobilitas dosen baik inbound maupun outbound. Jumlah dosen asing dalam program inboud di FTUI adalah 62 orang yang berasal dari berbagai  Negara,  sedangkan jumlah dosen FTUI dalam program outbound adalah 105 orang. Jika dilihat hasil capaian data mobilitas international ini di tahun 2015, FTUI jumlah nomor 2 (dua) terbanyak setelah FEB dengan total 375 orang.

Dalam bidang riset, secara umum atmosfir penelitian telah terbangun di kalangan dosen dan mahasiswa FTUI. Jumlah kegiatan dan perolehan dana riset oleh masing-masing departemen di Fakultas Teknik Universitas Indonesia selama tahun 2013-2015 secara total telah dicapai 415 proposal penelitian yang didanai baik dengan skema Dikti, DRPM-UI maupun  dana-dana dari luar negeri dengan jumlah total sebesar Rp. 96.190.110.575,- Pada tahun 2015 Jumlah publikasi di jurnal nasional akreditasi sebanyak 16 publikasi sedangkan di jurnal internasional terindeks sebanyak 194 publikasi. Jumlah publikasi ilmiah dalam bentuk pemakalah pada seminar bereputasi nasional dan internasional sebanyak 273 publikasi. Usulan paten FTUI sejak  tahun 2008 sampai 2016 berjumlah 97.

Kepedulian akan pentingnya riset secara konsisten diterapkan oleh FTUI melalui penyelenggaraan seminar internasional Quality in Research (QiR). Tahun 2015 merupakan penyelenggaraan yang ke 14 dengan memilih tema “Green and Smart Technology for Sustainable Future”, menampilkan presentasi dari 18 invited speakers, 3 keynote speakers, serta 630 makalahpeserta yang berasal lebih dari 20 negara. Paper  QiR 2015 ini juga dipublikasikan di International Jurnal terindeks scopus, IEEE Explorer dan prosidingnya juga dalam proses terindeks scopus.

Dari Capaian kinerja keuangan pada tahun 2015 secara keseluruhan sangat baik dan mengalami banyak peningkatan dibanding tahun sebelumnya. Tahun 2015, FTUI berhasil meningkatkan asset bersih sebesar Rp. 29.425.150.619,- (meningkat 58% dibanding asset pada awal tahun) sehingga asset bersih FTUI pada akhir tahun 2015 (per November 2015) menjadi Rp. 80.081.665.203,-. Hal ini dicapai dengan tingkat serapan anggaran sebesar 75% dan capaian kinerja (IKAN) sebesar 63,77%. Realisasi Rencana Implementasi Bulanan (RIB) terhadap pengajuan RIB mencapai 92%. Prosentase realisasi RIB terhadap Rencana Kerja dan Anggaran (RKA) tahun 2015 mencapai serapan sebesar 75%.  Selain itu bidang keuangan FTUI juga telah melakukan terobosan dalam hal kelancaran pencairan pengajuan dana. Kecepatan keluarnya ajuan pencairan dana di FTUI berhasil dipercepat menjadi rata-rata 7-8 hari.

Sebagai salah satu peningkatan fasilitas dan pelayanan, Fakultas Teknik UI khususnya Departemen Teknik Mesin dan Departemen Teknik Metalurgi dan Material meresmikan penggunaan Gedung Manufacturing Research Center (MRC) FTUI.  Gedung MRC FTUI mulai dibangun sejak tahun 2012, memiliki 6 lantai dilengkapi dengan sistem bangunan ramah lingkungan, sistem Water recycling, juga sudah mengaplikasikan Solar Thermal Cooling System atau Sistem Pendinginan Bertenaga Surya, buah karya dosen FTUI Selain gedung MRC, FTUI khususnya Departemen Teknik Elektro, juga meresmikan penggunaan Gedung Mochtar Riady Plaza Quantum (MRPQ) FTUI, yang diharapkan dapat meningkatkan kiprah FTUI khususnya Departemen Teknik Elektro dalam kontribusi riset di bidang Nano Device, Telekomunikasi, Renewable Energy, Kontrol dan Teknologi Komputer. Upaya peningkatan fasilitas pembelajaran bagi mahasiswa diwujudkan juga melalui peresmian Ruang Kelas “Student Centered Learning” (SCL) yang terletak di ruang 405 gedung S. Ruang Kelas berkonsep SCL ini merupakan yang pertama dilingkungan UI, dan diharapkan akan dapat meningkatkan mutu pengajaran dilingkungan FTUI.

Bapak Rektor, Bapak ibu dan Undangan yang saya hormati. Dikesempatan yang baik ini saya ingin mengajak semua untuk meningkatkan kerjasama kita ini, baik untuk mendukung proses pendidikan mahasiswa (beasiswa,kuliah umum), bimbingan/pendampingan seperti intership, pemberian motivasi, kolaborasi riset, kegiatan pengabdian pada masyarakat bersama dosen dan mahasiswa misalkan kegiatan2 sosial untuk ikut mengentaskan kemiskinan, sustainable development lainnya, dll.

Hal yang pasti adalah bahwa semangat kebersamaan harus menjadi inspirasi untuk membangun kesadaran kolektif kita untuk meningkatkan kualitas dan daya saing lulusan dan produk FTUI dalam percaturan global. Lulusan dan produk FTUI dalam kehidupan global akan tetap menjadi eksis apabila menunjukkan sebuah kapasitas kemandirian dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya dan kreatif dalam berbagai kegiatannya.

Kami sampaikan terima kasih dan penghargaan kepada semua pihak yang telah mengorganised acara Dies Natalis FTUI ini, wabil khusus, bapak Wakil Dekan Dr. Hendri DS Budiono, Dr Jos Istianto, Humas FTUI, Tim Launching Molina UI : Prof. Danardono, Dr. Haryo, Mas Adith, Mas Dita, Dr. Sugengdan seluruh pihak yang tidak dapat kami sebutkan semuanya. Semoga apa yang saudara-saudara telah kerjakan untuk kegiatan ini dicatat oleh Allah SWT sebagai amal ibadah dan mendapatkan balasan yang setimpal dari NYA. Amiin.

Akhir kata, saya mengucapkan terima kasih kepada semua yang hadir danDirgahayu ke 52 Fakultas Teknik Universitas Indonesia.

JAYALAH…GAYALAH FTUI…“FTUI World Class”.

Lebih kurangnya mohon maaf…..Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

 

Foto-foto kegiatan dapat dilihat di link ini dan ini

X