enid
enid

SDM FTUI Gelar Sosialisasi Pengisian Laman SISTER

Pada Rabu, (16/2)  Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FTUI) melakukan sosialisasi pengisian Beban Kerja Dosen (BKD) melalui laman Sistem Informasi Sumber Daya Terintegrasi (SISTER). Laman ini diluncurkan oleh Direktorat Jenderal Sumber Daya Ilmu Pengetahuan, Teknologi dan Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Di setiap universitas, laman SISTER digunakan sebagai layanan pengisian data pendidik, seperti portofolio, perubahan data dosen, dan proses-proses lain terkait dengan kepangkatan atau karier dosen.

Narasumber pada sosialisasi ini adalah Bapak Yusuf Setiadi dari bagian SDM Universitas Indonesia. Dalam pembukaan acara, Prof. Ir. Mahmud Sudibandriyo, M.Sc., Ph.D, Wakil Dekan Bidang Sumber Daya, Ventura, dan Administrasi Umum FTUI menyampaikan bahwa semula pengisian BKD menggunakan sistem manual dengan excel. Namun, sejak tahun ini sudah mulai dilakukan pengisian melalui SISTER. Diharapkan sosialisasi ini dapat menjawab kesulitan para dosen dalam mengisi BKD di SISTER.

Laman SISTER memiliki beberapa tab, yaitu bagian profil, kualifikasi, kompetensi, pelaksanaan tri dharma perguruan tinggi: pendidikan, penelitian, dan pengabdian, penunjang, reward, layanan Penilaian Angka Kredit (PAK), layanan BKD, layanan serdos, dan data dokumen. Melalui laman ini, para dosen dapat mengisi latar belakang pendidikan hingga mata kuliah yang sudah dan sedang diampu dengan bukti berupa seperti surat keterangan dan portofolio pengajaran. Selain itu, pada laman penelitian setiap dosen dapat mengunggah file penelitian yang telah diterbitkan selama masa satu semester.

Pada sosialisasi ini, para dosen yang sedang mengisi BKD di laman SISTER menemukan beberapa kendala teknis yang tidak tertera dalam panduan, misalkan pengisian nomor jurnal hanya perlu menuliskan tiga digit terakhirnya. Lalu, pada latar pendidikan dosen, apabila nama instansi pendidikan dan jurusan sebelumnya tidak tersedia dalam sistem dapat ditulis dengan simbol -1. Namun, beberapa data yang tersedia di laman ini dikeluarkan oleh Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDDIKTI) dan apabila dosen ingin melakukan perubahan, dosen dapat mengajukannya di laman SISTER.

***

Biro Komunikasi Publik
Fakultas Teknik Universitas Indonesia

 

X