DSC_0392 DSC_0399 DSC_0415

 

Seminar Series Juni Fakultas Teknik UI

Internet of Things: Changes and Security oleh Professor Abdelmajid Bouabdallah

Head of Computer Science Department, Compiegne University of Technology, France

 

Pada hari Senin, 8 Juni 2015, Fakultas Teknik Universitas Indonesia mengadakan Seminar Series untuk bulan Juni. Seminar Series kali ini diberikan oleh Prof. Abdelmajid Bouabdallah, Head of Computer Science Department, Compiegne University of Technology, Perancis dengan topik: Internet of Things: Changes and Security. Sebagaimana disampaikan oleh Prof. Bouabdallah, Internet of Things (disebut juga sebagai Internet of Object) merujuk kepada serangkaian jaringan nirkabel antara objek yang juga nirkabel dan self configuring. IoT juga dapat dijelaskan sebagai jaringan infrastruktur global yang menghubungkan antara objek fisik dan virtual melalui eksplorasi jaringan data dan kemampuan komunikasi. Komunikasi dapat terjalin antara objek dan objek, manusia dan objek, manusia dan manusia serta antara PC.

Karakteristik IoT antara lain: ambient intelligence, event driven, flexible structure, complex access technologies, dan semantic sharing. Penggunaannya dalam kehidupan sehari-hari mudah ditemukan dan jarang kita perhatikan. Ambil contoh saat kita membayar belanja bulanan di supermarket dengan menggunakan kartu kredit, dimana terjadi komunikasi antara chip yang ada di kartu kredit kita dengan mesin kartu kredit milik took. Atau komunikasi antar mobil untuk memberitahu kepada pengemudi bahwa ada antrian kemacetan di jalan raya akibat kecelakaan atau penyempitan jalan. Penggunaan di bidang medis antara lain pengukuran suhu dan kelembaban didalam gips untuk mencegah timbulnya masalah kulit.

Tantangangan IoT yang dihadapi saat ini antara lain: standarisasi teknologi dalam berbagai area masih sangat terfragmantisir, tidak adanya aturan pemerintah, sulitnya mengatur dan meregulasi inovasi yang terus menerus berubah, arsitektur IoT serta masalah privasi serta keamanan. Dari beberapa tantangan tersebut, Prof. Bouaballah memfokuskan pada dua tantangan terakhir sebagai tantangan terbesar yang dihadapi IoT saat ini. Terutama di bidang keamanan dan privasi dimana IoT menghadapi tantangan dari peningkatan pelanggaran hak privasi, data yang bocor, data yang dicuri, layanan yang tidak diberikan dan masih banyak lagi. Sebagai pengguna utama IoT, selama faktor keamanan dan privasi masih belum dapat dijamin, masyarakat luas masih akan meragukan kemampuan IoT dan penggunaannya dalam kehidupan sehari-hari. (Humas FT)

FacebookTwitter
X