id
id

Simulasi Evakuasi – Basic Life Support & Otomasi Genset (HYDRANT)

Sebagai komitmen untuk melaksanakan serta mengembangkan sarana K3 (Keselamatan & Kesehatan Kerja) di lingkungan FTUI, maka pada bulan September 2015 FTUI mengadakan serangkaian kegiatan simulasi dan pembinaan Keselamatan & Kesehatan Kerja (K3) bagi Tim Tanggap Darurat Fakultas Teknik UI yang bertujuan untuk memelihara kesiapan serta menjamin keselamatan setiap tenaga kerja serta melindungi sumber-sumber produksi, sarana gedung dan fasilitas kegiatan agar dapat digunakan dengan aman, efisien dan lancar serta meningkatkan kesejahteraan seluruh civitas Universitas Indonesia berdasarkan Undang-Undang No. 1 Tahun 1970 tentang Keselamatan Kerja.

Kegiatan diawali dengan Top Table Evakuasi Darurat dan Sosialisasi Teknik Dasar Basic Life Support (BLS)/First Aider (07 September 2015), Simulasi Evakuasi Darurat & APAR di Gedung Laboratorium Teknik Sipil FTUI (08 September 2015), Simulasi Evakuasi Darurat & APAR di Gedung Kuliah Bersama RKB I/Gedung K (15 September 2015), kemudian pada puncaknya rangkaian kegiatan ditutup dengan diselenggarakannya Simulasi Evakuasi – Basic Life Support dan Otomasi Genset/Hydrant oleh Tim Tanggap Darurat dan Fasilitas Umum FTUI bekerjasama dengan Tim Emergency Response UPT K3L UI dan Sudin Pemadam Kebakaran Wilayah Jakarta Selatan.

Kegiatan Simulasi Evakuasi – Basic Life Support dan Otomasi Genset/Hydrant dilaksanakan pada hari Sabtu, 26 September 2015 dengan mengambil lokasi di Gedung Dekanat FTUI. Dimana diskenariokan Fire Point atau titik lokasi api/terjadinya kebakaran berada di lantai 3 Gedung Dekanat FTUI pada saat berlangsungnya aktivitas kerja para penghuni gedung. Dikarenakan kondisi bangunan pada lantai 3 Gedung Dekanat FTUI sebagian besar terbuat dari material kayu dan bahan mudah terbakar sehingga api cepat membesar/merembet serta sulit dipadamkan oleh petugas ruangan/floor warden. Dengan sigap tim tanggap darurat segera melakukan evakuasi penghuni dan korban cidera sekaligus pemadaman di lokasi terjadinya kebakaran dengan menggunakan fasilitas fire hydrant yang ada di Gedung Dekanat FTUI serta 2 Unit Mobil Pemadam Kebakaran wilayah setempat yang dating memberikan bantuan. Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Bpk. Jos Istiyanto, ST., MT., Ph.D selaku Manajer Umum FTUI dan On Site Commander Tim Tanggap Darurat FTUI.

Turut hadir pula pada acara tersebut para pimpinan FTUI, Prof. Dr. Ir. Dedi Priadi, DEA (Dekan FTUI) dan Dr. Ir. Hendri DS Budiono, M.Eng. (Wakil Dekan Bidang Sumber Daya, Ventura dan Administrasi Umum). Adapun narasumber dan instruktur kegiatan simulasi adalah dari Emergency Response Team UPT K3L UI yang dipimpin langsung oleh Prof. Dra. Fatma Lestari, MSi., PhD (Kepala UPT K3L UI) dan Regu Pemadam Sudin Damkar Wilayah Jakarta Selatan.

Acara ditutup dengan review dan evaluasi kegiatan oleh Prof. Dra. Fatma Lestari, MSi., PhD (Kepala UPT K3L UI) dan Bpk. Jos Istiyanto, ST., MT., Ph.D (Manajer Umum FTUI) bersama segenap tim dari Unit Umum & Fasilitas, Tim Tanggap Darurat FTUI serta Mahasiswa Program Magister Kesehatan & Keselamatan Kerja FKM UI (turut hadir dalam rangka studi banding lapangan terkait kegiatan tersebut)  sebagai bahan acuan dan perbaikan bagi peningkatan kualitas koordinasi tim dan penyediaan fasilitas guna menghadapi keadaan darurat kebakaran yang sebenarmya ataupun kegiatan simulasi serupa pada kesempatan berikutnya. (Tim K3L FTUI)

X