id
id

Simulasi Tanggap Darurat Gedung Kuliah K FTUI

Sebagai bagian dari penerapan K3L di lingkungan FTUI, tim K3L FTUI bekerjasama dengan tim UPT K3L UI mengadakan Simulasi Tanggap Darurat Bahaya Kebakaran untuk Gedung Kuliah K FTUI. Simulasi ini dilaksanakan pada 15 September 2015 pada jam 11 siang. Acara dimulai dengan pelatihan APAR (Alat Pemadam Api Ringan) untuk tim K3L FTUI dengan arahan UPT K3L UI pada jam 10 pagi dan dilanjutkan dengan persiapan untuk Simulasi Tanggap Darurat Bahaya Kebakaran Gedung K FTUI

Acara Simulasi Tanggap Darurat Bahaya Kebakaran Gedung K FTUI ini dipimpin oleh Manajer Umum dan Fasilitas FTUI, Jos Istiyanto Ph.D dengan arahan tim UPT K3L UI diantaranya Muhammad Damawan, MKKK, Devi Partina W, SKM serta di bawah supervisi ahli keselamatan kebakaran FTUI, Prof. Yulianto S. Nugroho. Dalam simulasi kali ini, disimulasikan terjadi kebakaran di lt 3 yang bersumber dari korsleting stop kontak listrik AC yang ditemukan oleh seorang petugas kebersihan. Kemudian petugas kebersihan yang bertugas sebagai pemandu lantai (Floor Warden) tersebut berusaha memadamkan api dengan APAR namun api belum berhasil dipadamkan. Skenario selanjutnya adalah Floor Warden menghubungi pos keamanan (pos 1) untuk meminta bantuan melalui HT. Selanjutnya operator pos 1 menginformasikan kepada seluruh tim tanggap darurat termasuk penanggung jawab gedung (Buiding Warden) dan Manajer Safety untuk mengambil tindakan evakuasi dan penanggulangan.

Skenario selanjutnya tim tanggap darurat bergerak ke sumber api untuk berusaha memadamkan api dan seluruh pemandu lantai (floor warden) dari lantai 1-3 melakukan evakuasi kepada semua orang yang ada di dalam gedung untuk  keluar dengan tertib dan berkumpul di tempat yang aman. Di skenariokan juga terdapat korban cidera yang tidak sadarkan diri dan kemudian dilakukan tindakan Resusitasi Jantung Paru (RJP). Setelah api sudah berhasil dipadamkan dan keadaan sudah dinyatakan aman, Manajer Safety memberikan informasi bahwa gedung sudah aman dan bagi yang ingin melanjutkan aktifitasnya dapat kembali ke tempatnya masing-masing dengan tertib dan mengikuti arahan pemandu lantai (Floor Warden). (Humas FT)

X