DSC_0325 (1484 x 990)

Fakultas Teknik UI khususnya Departemen Teknik Mesin dan Departemen Teknik Metalurgi dan Material mengadakan Soft Launching Gedung Manufacturing Research Center (MRC) FTUI. Gedung MRC terletak diantara Departemen Teknik Mesin dan Departemen Teknik Metalurgi dan Material FTUI dimana nantinya gedung MRC akan digunakan oleh 2 Departemen tersebut untuk kegiatan penelitian, pendidikan dan pengabdian pada masyarakat.

Soft Launching gedung MRC FTUI dilakukan pada hari Kamis, 12 Februari 2014. Acara dimulai dengan sambutan dari Dekan FTUI periode 2009-2014, Prof. Bambang Sugiarto, M.Eng; dilanjutkan dengan sambutan Dekan FTUI periode 2014-2019, Prof. Dedi Priadi, DEA dan Rektor Universitas Indonesia, Prof. Muhammad Anis, M.Met. Selepas sambutan, acara dilanjutkan dengan penandatanganan batu peresmian serta foto bersama dan site visit Gedung MRC, renovasi Rotunda FTUI, serta sistem otomasi kelistrikan Gedung Kuliah S FTUI. Selepas site visit acara dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng dan makan siang bersama di Gedung MRC.

Gedung MRC FTUI mulai dibangun sejak tahun 2012 dengan menghabiskan dana sekitar 30 milyar rupiah yang berasal dari dana DIPA, BOPTN dan DAMAS. Gedung 6 lantai ini dilengkapi dengan sistem bangunan ramah lingkungan diantaranya pengunaan masa bangunan yang tipis sehingga memungkinkan bangunan disinari matahari dengan cukup dan mengurangai penggunaan lampu di siang hari. Adanya taman di dalam bangunan yang berfungsi mendinginkan suhu bangunan dan mengurangai penggunaan AC serta sistem Water recycling dimana air hujan yang jatuh di gedung ini akan digunakan kembali untuk berbagai keperluan di dalam gedung. Serta gedung ini juga sudah mengaplikasikan Solar Thermal Cooling System atau Sistem Pendinginan Bertenaga Surya yang merupakan hasil penelitian seorang Professor di Departemen Teknik Mesin. (Humas FT)

FacebookTwitter
X