FacebookTwitterGoogle+PinterestShare

Terkait dengan program riset dibawah Wakil Rektor 3 Universitas Indonesia, khususnya terkait dengan bantuan publikasi bagi para dosen maupun mahasiswa S1, S2 dan S3, FTUI mengadakan Sosialisasi Pengelolaan Publikasi Karya Ilmiah yang Terdata di Repositori UI dan Pengelolaan Publikasi Lektor-Lektor Kepala-Guru Besar. Acara ini dilaksanakan pada 12 April 2018 bertempat di Ruang Chevron Gedung Dekanat FTUI. Acara dibuka oleh Wakil Dekan Bidang Pendidikan, Penelitian, dan kemahasiswaan Dr. Ir. Muhamad Asvial, M.Eng. dilanjutkan dengan paparan oleh Manajer Riset dan Pengabdian Masyarakat Dr. Eng Muhamad Sahlan, S.SI, M.Eng.

Dalam sambutannya, Dr. Asvial menjelaskan program ini sudah diluncurkan sejak tahun 2016-2017 dan sudah ada 38 artikel dari FTUI yg masuk ke kppri, hal ini bertujuan untuk menambah publikasi fakultas teknik khususnya di jurnal internasional. Dan harapannya juga bisa di publikasikan di Q3, Q2 maupun Q1 yang menjadi target.

Untuk meningkatkan kualitas publikasi karya ilmiah, sebelumnya FTUI telah melaksanakan sosialisasi dibawah manajer riset tentang kegiatan pendampingan, bantuan terjemahan Bahasa Inggris lewat inago dan lainnya yang sudah familiar dilakukan di FTUI.

Selain itu, hal lain yang juga dilakukan adalah pengelolaan conference dan simposium Internasional, pengelolaan publikasi karya ilmiah, dan pengelolaan publikasi khususnya bagi para dosen yang membutuhkan kenaikan pangkat (dari lektor ke lektor kepala, dari lektor kepala ke guru besar). Karena memang sudah menjadi target dari Universitas Indonesia untuk memperbanyak jumlah Guru Besar, maupun lektor kepala. Dibandingkan dengan perguruan tinggi lain, jumlah guru besar UI jauh dibawah mereka.  (Humas FTUI)