id
id

Starborn Chemical Tambah Komitmen Smart Classroom FTUI

FTUI semakin dekat mewujudkan transformasi kelas-kelas konvensional menjadi kelas pintar. Pada Kamis (15/09), Dr. Harris Susanto selaku Direktur Utama mewakili PT Luas Birus Utama, menandatangani komitmen Smart Classroom dengan Dekan FTUI, Prof. Dr. Heri Hermansyah, ST., M.Eng., IPU. Satu ruang kelas di Gedung K atau Gedung S akan dikonversi menjadi Smart Classroom dengan donasi ini.

Setelah penandatanganan komitmen, Dr. Harris Susanto menyampaikan kuliah umum Kapita Selekta kepada para mahasiswa Departemen Teknik Kimia FTUI. Kuliah umum ini mengangkat tema “Apakah Pola Makan Membentuk Pemimpin yang Sehat?”.

Dr. Harris Susanto menyampaikan dalam kuliahnya bahwa pabrik yang paling terdekat dengan kita adalah tubuh kita sendiri. “Perut ini adalah bioreaktor yang yang maha dasyat yang kadang-kadang tidak diurus dengan baik. Kita ini adalah data, pada manusia memiliki 3 data, yaitu data genetik dari nenek moyang kita, data sejarah informasi dan data dari culture (sosial ekonomi), semua data ini harus diolah”.

Pada kuliah ini topik Leadership menjadi pembahasan utama. Leadership terkait bagaimana kita mengurus data yang ada pada tubuh kita. Dimana kita harus menjadi leader bagi badan kita sendiri. Karena untuk dapat nge-lead orang lain, kita harus bisa nge-lead badan kita sendiri.

“Otak kita di drive (digerakkan) oleh usus atau perut kita, dimana cara kita mengontrol tubuh kita adalah dengan menjaga pola makan dan perbanyak puasa. Ketika kita berpuasa sebenarnya saat itu kita sedang nge-lead badan kita, sedangkan jika kita selalu ketergantungan misal harus selalu minum kopi pada pagi hari atau tidak bisa berlepas mengkonsumsi merk tertentu, maka saat itu kita menjadi follower bagi tubuh kita,” jelas Dr. Harris.

Sebagai leader, kita harus memiliki koneksitas, membangun kolaborasi, dan trust. Leadership yang baik itu dimanapun kelak memimpin, berusaha untuk meminimalisir atau tidak menciptakan liability dimasa akan datang.

Leadership terdapat tiga style yaitu, autoritarian, leadership management, dan follower leadership. Seorang pemimpin harus memiliki style leadership management, dimana seorang pemimpin harus bisa memimpin dan memanage sesuatu sesuai konteksnya, karena pemimpin sesungguhnya adalah yang bisa menciptakan sebuah trend atau perubahan.

Dekan FTUI, Prof. Dr. Heri Hermansyah, ST., M.Eng., IPU di akhir sambutannya mengatakan, “Jika kalian ingin maju, lakukan terus menerus tiga hal, yang pertama isi kepala kalian dengan ilmu, lalu yang kedua isi hati kalian dengan akhlak yang baik, dan yang terakhir isi tangan kalian dengan kekuatan, artinya selain kalian harus memiliki badan yang sehat, jiwa dan raganya juga harus kuat. Jadi makanan itu sangat berperan dalam membentuk jiwa dan raga yang kuat tersebut. Semoga kalian menjadi Engineering yang unggul dan berdampak.”

***

Biro Komunikasi Publik
Fakultas Teknik Universitas Indonesia

X