id
id

Targetkan Predikat Unggul, Program Studi S3 Teknik Metalurgi dan Material Jalani Asesmen Lapangan LAM-Teknik

Dua orang assessor LAM Teknik kembali mengunjungi Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FTUI) untuk melaksanakan kegiatan asesmen lapangan (23/06). Kali ini, asesmen dilakukan untuk program studi S3 Teknik Metalurgi dan Material (DTMM) FTUI. Kedua assessor LAM Teknik tersebut adalah Dr. Eng. Widya Wijayanti, S.T., M.T. dari Universitas Brawijaya dan Prof. Dr. Eng. Ir. Gunawarman, M.T. dari Universitas Andalas.

Pada acara pembukaan kegiatan asessmen, kedua assessor disambut oleh kedua Wakil Dekan FTUI, Prof. Dr. Ir. Yanuar, M.Eng. dan Prof. Dr. Ir. Mahmud Sudibandriyo, M.Sc. Selain itu turut hadir Kepala UPMA FTUI, para Manajer dan Kepala Unit FTUI, Ketua dan Sekretaris Departemen serta tim akreditasi Teknik Metalurgi dan Material FTUI. Turut hadir secara daring, Kepala BPMA UI, Prof. Sri Hartati D. Reksodiputro, Ph.D.

Pada sambutannya, Prof. Yanuar menyampaikan, “Semoga proses assessment untuk program studi S3 Teknik Metalurgi dan Material dapat berjalan dengan lancar dan mendapatkan hasil yang bagus. Prodi Teknik Metalurgi dan Material merupakan prodi yang unik dan jarang ada di Indonesia. DTMM FTUI juga merupakan prodi rujukan bagi universitas lain yang ingin membuka prodi tersebut di Indonesia.”

Pada presentasinya, Prof. Yanuar juga memperkenalkan jajaran pimpinan Dekanat FTUI dan tim dari Departemen Teknik Metalurgi dan Material FTUI yang turut hadir.

“Ini adalah tugas pertama kami mengunjungi FTUI untuk akreditasi program studi. Bagian dari akreditasi prodi dimulai dengan perkenalan dengan pimpinan sebagai unit yang ada diatas UPPS. Meskipun data dan dokumennya ada di UPPS nanti. Pada kesempatan kali ini saya lebih fokus pada pertanyaan terkait pengembangan kedepan FTUI terutama dari tingkat fakultas, departemen maupun unit/program studi,” kata Prof. Gunawarman.

Dr.Eng. Widya mengatakan, “Mohon kerja samanya dalam proses assessment ini agar dapat memperoleh data, dokumen dan informasi yang lengkap. Saya yakin semua ini ada, akan tetapi akses kami ke data-data tersebut masih terbatas.”

Proses asesmen lapangan untuk Program Studi S3 Teknik Metalurgi dan Material sendiri telah dilaksanakan pada 23-24 Juni 2022.

***

Biro Komunikasi Publik
Fakultas Teknik Universitas Indonesia

X