id
id

Terima Donasi 9 Smart Classroom, FTUI Siap Masuki Perkuliahan di Era New Normal

Pada acara puncak Dies Natalis ke-58 Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FTUI) yang dirayakan di Kampus UI kemarin (Senin, 18/07/2022), fakultas ini menerima donasi 9 smart classroom yang diserahkan langsung oleh mitra-mitranya. Dies Natalis bertema “Sinergi Bangkit Untuk Negeri” dihadiri oleh Wakil Rektor bidang Riset dan Inovasi UI, drg. Nurtami, Ph.D., Sp,OF(K), Wakil Rektor Bidang SDM dan Aset UI, Prof. Dr. Ir. Dedi Priadi, DEA., pimpinan fakultas dan sekolah di lingkungan UI, dan Wakil Wali Kota Depok, Ir. H. Imam Budi Hartono yang juga merupakan alumni Fakultas Teknik UI.

Smart classroom ini merupakan ruang kelas yang modern dan interaktif. Formasi meja dan kursi di ruangan tersebut dapat diubah sesuai dengan model perkuliahan. Ruang kelas ini dilengkapi dengan smart board interaktif, smart TV, fasilitas poly studio, dan smart projector yang memiliki berbagai fitur canggih untuk mendukung berbagai model pembelajaran luring maupun hybrid.

Sembilan smart classroom tersebut merupakan sumbangsih dari PT Bank Mandiri (Persero) (2 ruang), Bank Syariah Indonesia (1 ruang), Golfers Alumni FTUI & Huawei (2 ruang), Forum Ukhuwah Studi Islam Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FUSI) Foundation (1 ruang), Japan International Cooperation Agency (JICA) (1 ruang), PT Dayamitra Telekomunikasi Tbk. (1 ruang), dan sumbangan pribadi dari alumni FTUI, Didit Hidayat Agripinanto Ratam (1 ruang). Ruangan tersebut memperbanyak jumlah smart classroom di FT UI yang semula ada 8 ruangan.

Penandatanganan komitmen dan penyerahan donasi smart classroom secara simbolis dilakukan oleh Dekan FTUI, Prof. Dr. Heri Hermansyah, ST., M.Eng., IPU dengan perwakilan mitra-mitra antara lain, Rohan Hafas (Direktur Hubungan Kelembagaan PT Bank Mandiri (Persero), Tbk.), Firman Jatmika (Regional CEO Bank Syariah Indonesia), Vincent (Director of Indonesia Enterprise, Government and Public Utility Development, PT Huawei), Sehat Maulana (Ketua Golfers Alumni FTUI), Ahmad Fitrianto (Ketua FUSI Foundation), Ryotaro Takano (Project Coordinator JICA Project for Human Resources Development for Cybersecurity Professionals), Jajang Juliadi (Vice President Human Capital Management, PT Dayamitra Telekomunikasi Tbk.), dan Didit Hiadyat Agripinanto Ratam.

Dalam kata sambutan, Rektor UI, Prof. Ari Kuncoro, S.E., M.A., Ph.D., menyampaikan, “Saat ini Universitas Indonesia bersiap menyambut mahasiswa baru semester ganjil 2022/2023 secara luring. Berbagai fasilitas penunjang pendidikan dan penelitian terus disiapkan untuk memberikan pelayanan pendidikan yang nyaman dan aman bagi para mahasiswa kita. Salah satu contohnya adalah penyediaan smart classroom untuk menunjang aktivitas pendidikan secara hybrid di FTUI. Semoga kedepannya, semakin banyak industri yang terpanggil memberikan donasi untuk meningkatkan pelayanan pendidikan UI bagi sivitas akademika.”

Hal senada juga disampaikan oleh Prof. Dr. Heri Hermansyah, ST., M.Eng., IPU selaku Dekan FTUI. “Sesuai dengan tema Dies Natalis FTUI tahun ini, sekarang adalah saatnya bagi FTUI, bagi UI, dan bagi Indonesia untuk bangkit. Hadirnya mitra-mitra industri hari ini, jelas membuktikan bahwa dengan berkolaborasi dan bersinergi antara lembaga pendidikan, FTUI dan industri, maka kita dapat bersama- sama bangkit menuju FTUI Unggul Berdampak demi negeri.”

Pada kesempatan yang sama, dilakukan penandatanganan kerja sama pendidikan antara PT Sucofindo dan FTUI, yang diwakili oleh Mas Wigrantoro Roes (Direktur Utama PT Sucofindo) dan Prof. Heri Hermansyah. Kerja sama ini mencakup kolaborasi dalam bidang pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, dan pengembangan bisnis, meliputi kerja sama di bidang pendidikan non-degree program, program magister, dan program magang mandiri bidang keteknikan. Penandatanganan kerja sama di bidang pendidikan juga dilakukan antara FTUI dan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) yang diwakili oleh Dr. Nelly Florida Riama, S.Si, M.Si. (Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisia Manusia).

FTUI juga menandatangani perjanjian lisensi atas salah satu produk inovasinya, yakni PUVICON yang merupakan air purifier dan disinfektan berbasis plasma. PUVICON dilisensikan oleh PT Astra Komponen Indonesia (PT ASKI) dan sejak 1 April 2022 yang lalu telah diperjualbelikan secara bebas di bawah merek Grin Plasmafan. Penandatanganan lisensi dilakukan oleh Prof. Dedi Priadi dan Prihatanto Agung Lesmono (Presiden Direktur PT ASKI). Grin Plasmafan menggunakan Teknologi Plasma Basah yang dikembangkan oleh Guru Besar Teknik Kimia, FTUI, Prof. Dr. Ir. Setijo Bismo, DEA. dan tim. Berkat sistem konveksi paksa dari teknologi plasma basah ini, Grin Plasmafan akan mampu mengolah dan menangani polusi udara, sekaligus berperan sebagai disinfektan elektronik yang bekerja dengan mekanisme difusi secara cepat dan sistemik.

Perayaan dies natalis diakhiri dengan penyerahan beasiswa secara simbolis oleh Yayasan Gugus Teladan kepada dua mahasiswa FTUI, pengumuman penghargaan khusus Dekan bagi sivitas akademika FTUI yang telah mengharumkan nama fakultas untuk berbagai bidang dan kategori. FTUI juga mengumumkan para penerima tanda kehormatan Satya Lancana Dharma Makara FTUI untuk masa pengabdian 15, 25, dan 35 tahun. “Semoga empat tahun ke depan Enterpreneur FTUI yang Unggul dan Berdampak Tinggi dapat terbangun melalui kolaborasi multidisiplin berbasis produktivitas untuk mewujudkan FTUI yang Unggul dan Berdaya Saing Global,” kata Prof. Heri.

***

Biro Komunikasi Publik
Fakultas Teknik Universitas Indonesia

X