id
id

Tetap Berkarya di Tengah Pandemi, Prodi Teknik Perkapalan Gelar Pameran Tugas Perancangan Kapal 2022

Berkuliah di masa pandemi sering kali menyurutkan semangat belajar dan berkreasi para mahasiswa. Hal ini ternyata tidak berlaku bagi para mahasiswa FTUI. Tidak hanya mahasiswa memiliki semangat belajar yang tinggi, menjalani perkuliahan online di tengah masa pandemi juga tidak menyurutkan kreatifitas dan semangat mahasiswa untuk terus belajar dan berkarya.

Mahasiswa Program Studi Teknik Perkapalan FTUI Angkatan 2019 menggelar Pameran Tugas Perancangan Kapal 2022 pada tanggal 20 Juni 2022 di area hangar Gedung i-CELL FTUI. Pameran ini menampilkan berbagai rancangan kapal yang merupakan karya kreatifitas dari mahasiswa.

Total ada 9 rancangan kapal yang dipamerkan, antara lain:

  1. Level – LNG Tanker 2500 CBM
  2. Protege – Offshore Supply Vessel 3600 DWT
  3. Spiro – Oil Tanker 2500 DWT
  4. Malaka – Fast Patrol Vessel 50 Meter
  5. Bahari Jaya – Purse Seine 450 GT
  6. Doa Ibu – Container Vessel 6000 TEUs
  7. Rahayu – Bulk Carrier 20000 DWT
  8. Dawn Connect – Vehicle Carrier 22000 DWT
  9. Baladewa Cruise – Passenger Ship 16000 GT

Pameran tugas perancangan kapal ini diselenggarakan bekerja sama dengan Hydro Technology Workshop (HTW) UI. Dihadirkan pula panelis pameran dari beberapa praktisi industri, yakni Andi Nuralim (PT BKI), Alwin Rizky Lubis (PT PIS), Prianto Bagus Anugrah (PT Sucofindo), dan Eky Bagaskara (Kakanoo Maritim Nusantara). Pameran diawali dengan sambutan dosen pengampu dan video pemaparan singkat mengenai rancangan kapal dari masing-masing tim.

Pada sambutannya, salah satu dosen pengampu teknik perkapalan, Dr. Eng. Gerry Liston Putra S.T., M.T. menyampaikan rasa bangganya terhadap mahasiswa teknik perkapalan, “Ini pertama kalinya kita mengadakan pameran kapal beserta dengan maketnya. Saya cukup bangga, dalam waktu yang singkat ini temen-temen dapat membuat maket kapal lengkap dengan dek atasnya. Saya sendiri dalam membuat maket kapal kira-kira dapat menghabiskan waktu sekitar 2 bulan, namun teman-teman bisa menyelesaikannya secara detail dalam waktu 1 bulan.”

Selain Dr. Gerry, turut hadir 3 dosen pengampu lainnya, yaitu Dr. Eng. Muhammad Arif Budiyanto S.T., M.T., Achmad Riadi S.T., M.Eng., Ph.D., dan Dr. Eng. Gunawan S.T., M.T. Tak hanya dari civitas FTUI, beberapa mahasiswa universitas lain juga berkunjung untuk melihat karya-karya rancangan kapal mahasiswa teknik perkapalan FTUI. Pameran berlangsung hingga pukul 12.00 dan diakhiri dengan foto bersama seluruh tim beserta maket kapalnya masing-masing.

***

Biro Komunikasi Publik
Fakultas Teknik Universitas Indonesia

X