Saat ini, era globalisasi mengakibatkan meningkatnya kompetisi dalam seluruh aspek kehidupan hal ini berimbas juga pada lingkungan tempat tinggal manusia yang semakin tergerus sebagai akibat upaya manusia memenuhi kebutuhan hidup mereka. Pembangunan berkelanjutan bertujuan untuk menyeimbangkan pemenuhan kualitas hidup manusia dan kebersinambungan alam. Saat ini, para ilmuwan dan peneliti dari berbagai belahan bumi bekerja sama dengan para ahli-ahli di dunia industri terus berusaha mengembangkan teknologi ramah lingkungan yang akan membantu memepertahankan lingkungan demi generasi mendatang.

Sebagai salah satu insititusi pendidikan keteknikan terbaik di Indonesia, Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FTUI) mengambil bagian secara aktif dalam peran tersebut melalui penyelenggaraan Konferensi Internasional dua tahunan FTUI: The 14th International Conference on QiR (Quality in Research) pada tanggal 11-12 Agustus 2015. Tema yang dipilih untuk konferensi tahun ini adalah “Green and Smart Technology for Sustainable Future”. Dengan tema ini, QiR 2015 menyediakan wadah untuk bertukar informasi dan pengetahuan akan berbagai masalah-masalah teknologi ramah lingkungan terutama fokus pada pengembangan dan inovasi dalam ilmu pengetahuan, teknik, dan desain, untuk meningkatkan kualitas hidup manusia dan lingkungan di masa sekarang dan masa depan.

Pada penyelenggeraan yang ke 14 ini, QiR 2015 diharapkan dapat menjadi sebuah forum internasional untuk berbagi pengalaman, transfer teknologi, perkembangan penelitian terkini, serta untuk memperkuat kolaborasi antar negara maupun antar institusi dibidang teknologi, rekayasa design danarsitektur untuk kemajuan masyarakat dunia. Saat ini QiR merupakan salah satu ikon dari Fakultas Teknik UI sebagai institusi pendidikan teknik unggul  di berbagai bidang keteknikan, desain dan arsitektur di tingkat nasional dan internasional. Tahun ini, QiR akan menampilkan presentasi dari 18 invited speakers, 3 keynote speakers, serta 630 makalah peserta yang berasal lebih dari 20 negara di dunia.

Konferensi ini dibuka oleh Gubernur Nusa Tenggara Barat, Dr. TGH. M. Zainul Majdi dan turut dihadiri oleh Rektor Universitas Indonesia, Rektor Universitas Mataram, Ketua STMIK Lombok. Diselenggarakan bersamaan dengan The 4th Asian Symposium on Material Processing (ASMP), dan International Conference in Saving Energy in Refrigeration and Air Conditioning (ICSERA).

Tahun ini, QiR 2015 mengadakan talkshow sebagai sesi khusus dalam rangkaian acara pembukaan dengan tema “Serve Our Country” yang akan menampilkan tiga orang pembicara yang merupakan alumni FTUI yaitu: Dr. Ir. Andy Noorsaman Sommeng, DEA (Kepala BPH Migas), Prof Dr. Ir. Kalamullah Ramli (Dirjen Pos & Penyelenggaraan Informatika (PPI) KemInfo), Ir. Hilman Risan (Wakil Direktur PT United Tractors Pandu Engineering). Talkshow ini akan membahas bagaimana institusi pendidikan seperti FTUI dapat turut berperan meningkatkan kualitas hidup manusia di Indonesia melalui hasil-hasil penelitian yang dihasilkan oleh para peneliti akademis.

Termasuk dalam daftar invited speaker adalah Prof. Dr. Ir. M. Idrus Alhamid dari Universitas Indonesia, Prof. Dr. rer. nat. Liselotte Schebek dari Technische Universität Darmstadt, Prof. Josaphat Tetuko Sri Sumantyo, PhD dari Chiba University, Prof. Michiharu Tabe dari Shizuoka University, Prof. Dr. Rainer Leisten dari University of Duisburg Essen, Prof. Oliver Carsten dari Institute for Transport Studies (ITS) , University of Leeds dan masih banyak lagi.

FacebookTwitter