FacebookTwitterGoogle+PinterestShare

Saat ini, era globalisasi mengakibatkan meningkatnya kompetisi dalam seluruh aspek kehidupan hal ini berimbas juga pada lingkungan tempat tinggal manusia yang semakin tergerus sebagai akibat upaya manusia memenuhi kebutuhan hidup mereka. Pembangunan berkelanjutan bertujuan untuk menyeimbangkan pemenuhan kualitas hidup manusia dan kebersinambungan alam. Hal ini membutuhkan para ilmuwan dan peneliti dari berbagai belahan bumi bekerja sama dengan para ahli-ahli di dunia industri terus berusaha mengembangkan teknologi ramah lingkungan yang akan membantu memepertahankan lingkungan demi generasi mendatang.

Universitas Indonesia (UI) berperan aktif dalam berkontribusi dalam pembangunan berkelanjutan. UI telah menempatkan diri sebagai salah satu perguruan tinggi terbaik di dunia dengan menempati peringkat 277 pada peringkat QS World University Rangking tahun ini serta berperan besar pada pengembangan ipteks bangsa dan dunia. Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FTUI) sebagai salah satu insititusi pendidikan keteknikan terbaik di Indonesia, mengambil bagian secara aktif dalam peran tersebut melalui penyelenggaraan Konferensi Internasional dua tahunan FTUI: The 15th International Conference on QiR ( Quality in Research) pada tanggal 24 – 27 July 2017. Tema yang dipilih untuk konferensi tahun ini adalah “Science, Technology and Innovation for Sustainable World”. Dengan tema ini, QiR 2017 menyediakan wadah untuk bertukar informasi dan pengetahuan akan berbagai masalah-masalah teknologi ramah lingkungan terutama fokus pada pengembangan dan inovasi dalam ilmu pengetahuan, teknik, dan desain, untuk meningkatkan kualitas hidup manusia dan lingkungan di masa sekarang dan masa depan.

Pada penyelenggeraan yang ke 15 ini, QiR 2017 diharapkan dapat menjadi sebuah forum internasional untuk berbagi pengalaman, transfer teknologi, perkembangan penelitian terkini, serta untuk memperkuat kolaborasi antar negara maupun antar institusi dibidang teknologi, rekayasa design dan arsitektur untuk kemajuan masyarakat dunia. Dalam usianya yang telah mencapai dua dekade, QiR merupakan salah satu ikon dari Fakultas Teknik UI sebagai institusi pendidikan teknik unggul di berbagai bidang keteknikan, desain dan arsitektur di tingkat nasional dan internasional.

Konferensi ini dibuka oleh Rektor Universitas Indonesia dan turut dihadiri oleh Direktur Jenderal Penguatan Inovasi Kemenristekdikti, Dr. Djumain Ape, Rektor Universitas Udayana dan Direktur Politeknik Negeri Bali. QiR 2017 juga diselenggarakan bersamaan dengan the 6th IEEE-International Conference on Advanced Logistics and Transport (ICALT), the 2nd International Symposium on Biomedical Engineering (ISBE 2017), International Conference in Saving Energy in Refrigeration and Air Conditioning (ICSERA) dan the 3rd Biannual Meeting on Bioprocess Engineering.

Tahun ini, QiR menampilkan presentasi dari 18 invited speakers, 3 keynote speakers, serta lebih dari 500 makalah peserta yang berasal lebih dari 28 negara di dunia. Termasuk dalam daftar invited speaker adalah Dr. Thomas J. Goldsby dari Ohio State University, USA., Prof. Jackie Yi-Ru Ying dari Institute of Bioengineering and Nanotechnology, Singapore serta Prof. Dr. Drs. Benyamin Kusumoputro, MSc. dari Universitas Indonesia, Dr. Guillermo Rein dari Imperial College London, Ashok K. Das, Ph.D dari University of Hawai’I Manoa, Dr. Volkan Degirmenci dari University of Warwick, UK dan masih banyak lagi.

foto bersama resize