UI resmi mengirimkan sejumlah mahasiswanya untuk berlaga di ajang perlombaan perkapalan di Belanda, Swiss, dan Amerika pada bulan Juni—Juli 2016. Terdapat tiga tim yang akan dikirimkan oleh UI, yaitu tim Solar Boat Team (SBT), Hydros Team (HT) dan Autonomous Marine Vehicle Team (AMV).

Tiga tim ini akan membawa tiga inovasi kapal buatan UI ke tingkat dunia, yaitu Kapal Jagur (tim SBT), Kapal Plat Datar (tim HT) dan Kapal Makara-06 dan Makara-05 (tim AMV).

Kapal Jayasatria Garuda (Jagur) adalah kapal yang menggunakan tenaga matahari sebagai penggerak kapal. Kapal ini mengkombinasikan model kapal tradisional Indonesia yang menggunakan “cadik” atau hull samping.

Kapal dengan panjang 6 meter serta berat 25 kilogram ini menggunakan solar panel 260 WP, sehingga mampu mencapai efisiensi solar panel sebanyak 20%.

Sementara Kapal Plat Datar adalah inovasi buatan dosen teknik perkapalan UI Ir. Hadi Tresno Wibowo yang mampu bergerak cepat, serta mengangkat beban berat dengan efisiensi tinggi dibandingkan kapal biasa.

Kapal ini hadir dengan desain hull yang dibuat tidak streamline tetapi patah-patah agar kapal memiliki stabilitas yang baik dan dapat diaplikasikan ke industri maritim.

Lebih lanjut, kapal Makara-06 atau Drone Bawah Laut merupakan kapal tanpa awak pertama dengan konsep hybrid yaitu ROV (Remotely Operated Vehicle) dan AUV (Autonomous Underwater Vehicle).

Makara-06 memiliki kemampuan merekam gambar, video serta deteksi bentuk di bawah laut serta mampu mengolah citra dari hasil deteksi ini. Makara-06 dirancang bisa bertahan selama 4 jam di bawah air pada kedalaman hingga 100 meter.

Tim AMV juga menciptakan kapal serupa namun berbeda fungsi,yaitu Makara-05 sebagai drone permukaan air.

“Makara-06 dan Makara-05 dirancang untuk misi yang spesifik, yaitu sebagai pengganti kerja manusia di permukaan maupun dalam air guna menunjang aktivitas di bidang seperti keamanan, penelitian bawah laut, serta penanganan bencana,” kata Zulfah, salah satu anggota dalam tim AMV, Senin (9/5/2016).

Tim SBT akan mengikuti ajang kompetisi Internasional Dutch Solar Challenge yang diselenggarakan di Belanda pada 30 Juni – 9 Juli 2016. HT akan mengikuti kompetisi Internasional Hydrocontest 2016 di Swiss pada 24—31 Juli 2016, sedangkan Tim AMV akan mengikuti AUVSI Roboboat Competition 2016 pada 4-10 Juli 2016 di Virginia Beach, Amerika Serikat. (Humas UI)

Berita ini juga dapat ditemukan di:

FacebookTwitter