id
id

Tim HTW UI Meraih Juara Hydros Competititon

Universitas Indonesia kembali menorehkan prestasi internasional. Pada ajang kompetisi HydroContest 2017 yang berlangsung di St Tropez Perancis, tim Hydromodeling Technology and Workshop (HTW) Fakultas Teknik UI berhasil meraih penghargaan Best Heavy Mass Transport Innovation Prize dan juara 4 pada kategori Heavyweight Boat. 

Ini juga merupakan prestasi terbaik yang pernah dicapai oleh Indonesia selama dua kali ikut berpartisipasi dalam kompetisi kapal HydroContest. Peserta dari Indonesia selain UI adalah Institut Teknologi Sepuluh Nopember. Kompetisi yang bertajuk “Carry More, Faster, with Less Energy” merupakan kompetisi international yang diikuti oleh 23 tim mahasiswa teknik dari 14 negara dari Eropa dan Amerika. Kompetisi ini mengharuskan para peserta untuk mendesain kapal yang mampu menahan beban seberat 20 kg (lightweight) dan 200 kg (heavyweight) dengan efisiensi energi serta kecepatan yang tinggi. Tim UI dengan 6 orang anggota yang berangkat sempat mengalami beberapa kendala akibat rusaknya bagian kapal akibat pengiriman, namun dengan perjuangan dan dukungan banyak pihak dapat mengikuti perlombaan dengan baik. 

Selain tim heavyweight boat, tim UI juga berhasil lolos hingga babak perempat final di kategori lightweight boat. Ini adalah patisipasi Universitas Indonesia yang kedua di kompetisi HydroContest yang diselenggarakan oleh Hydros Foundation Swiss, setelah tahun 2016 lalu berpartisipasi pada lomba yang sama di Lausanne. Sebelum berangkat tim yang beranggotakan 14 orang bekerja mendesain kapal tipe Symmetric Catamaran untuk kategori kapal lightweight dan tipe Flat Plate untuk kategori kapal heavyweight. (/bm)

Credit foto: Hydros Foundation

X