FacebookTwitterGoogle+PinterestShare

Universitas Indonesia kembali menorehkan prestasi internasional. Pada ajang kompetisi HydroContest 2018 yang berlangsung di St Tropez Perancis pada tanggal 2-9 September 2018, tim Hydromodeling Technology and Workshop (HTW) Fakultas Teknik UI berhasil meraih peringkat ke-2 dalam kategori Long Distance Race.

Ini juga merupakan prestasi terbaik yang pernah dicapai oleh Indonesia selama tiga kali ikut berpartisipasi dalam kompetisi kapal HydroContest. Peserta dari Indonesia selain UI adalah Universitas Diponegoro Semarang. Peringkat pertama berhasil diraih oleh tim Southampton dari UK. Kompetisi yang bertajuk “Carry More, Faster, with Less Energy” merupakan kompetisi international yang diikuti oleh 28 tim mahasiswa teknik dari 15 negara di Asia, Amerika dan juga Eropa. Kompetisi ini mengharuskan para peserta untuk mendesain kapal dengan dimensi berukuran 2.50 x 2.50 x 2.00 m dan mampu menahan beban seberat 20 kg (lightweight) dan 200 kg (heavyweight) dengan efisiensi energi serta kecepatan yang tinggi. Sedangkan untuk Long Distance Race, kapal-kapal yang di desain oleh peserta dilombakan secara bersamaan dan kapal yang memiliki putaran paling banyak dalam waktu satu jam akan menjadi pemenang.

Selain kategori Long Distance Race, tim UI juga berhasil lolos hingga babak 8 besar di kategori lightweight race, dan babak 12 besar untuk kategori heavyweight race . Ini adalah patisipasi Universitas Indonesia yang ketiga di kompetisi HydroContest yang diselenggarakan oleh Hydros Foundation Swiss, setelah tahun 2016 dan tahun 2017 lalu berpartisipasi pada lomba yang sama di Lausanne dan St Tropez. (Humas FTUI)