FacebookTwitterGoogle+PinterestShare

Tim UI Supermileage Vehicle kembali menorehkan prestasi pada ajang kompetisi Shell Eco Marathon Asia (SEM) 2017 yang berlangsung di Changi Exhibition Center, Singapura  pada 16-19 Maret Februari.

Dalam kompetisi ini, tim Sadewa UI berhasil menyabet juara 1 untuk kategori Urban Concept Gasoline. Sadewa berhasil unggul dengan catatan 375 kilometer per liter dengan kendaraan berbahan bakar bensin.

Urutan kedua ditempati oleh ITS Team 2 dengan capaian waktu 336 km per liter, dilanjutkan Garuda UNY Eco Team dari Universitas Negeri Yogyakarta dengan 221 km per liter.

Uturan keempat ditempati oleh Bengawan Team 2 dari UNS Surakarta dengan capaian 213 km perliter, dan Cikal Ethanol dari ITB di tempat kelima dengan catatan 198 km per liter.

Tim-tim ini akan mengikuti kompetisi lanjutan di Sirkuit Changi Exhibition Center pada Minggu (19/3/ 2017) untuk menentukan tiga besar pemenang yang akan dibawa ke kompetisi global di London tahun ini.

SEM adalah kompetisi yang diadakan oleh Shell yang mengundang mahasiswa dari berbagai negara untuk berkompetisi dalam mendesain, membangun, dan mengendarai kendaraan hemat energi.

Sistem penilain lomba ditentukan oleh seberapa jauh mobil-mobil tersebut dapat menempuh jarak dengan 1 liter bensin.

Pada saat lomba, tidak ada kecepatan minimum yang ditentukan, setiap mobil melaju dengan kecepatan standarnya.

Sebelumnya, ajang kompetisi ini telah diselenggarakan di Malaysia (2010 dan 2013) dan Filipina (2014 -2016).

Untuk tahun ini, lebih dari 120 tim mahasiswa dari kawasan Asia Pasifik dan Timur Tengah ikut ambil bagian dalam ajang ini. Dari Indonesia, terdapat 26 tim mahasiswa Indonesia dari 19 perguruan tinggi di 8 propinsi yang akan mewakili Indonesia di ajang SEM Asia 2017.

Selain tim dari UI, juga terdapat Tim Bumi Siliwangi dari Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung, serta Tim Batavia Gasoline dan Batavia Generation dari Universitas Negeri Jakarta (UNJ). (Humas UI)