enid
enid

Tingkatkan Jumlah Dosen S3 dan Guru Besar untuk Jaga Mutu Akreditasi FTUI

Kepengurusan bidang sumber daya manusia dan fasilitas pada periode 2022-2026, dipercayakan kepada Ajib Setyo Arifin, S.T., M.T., Ph.D. Acara serah terima jabatan dan pelantikan dilakukan pada Jumat, 21 Januari 2022 yang dipimpin oleh Dekan FTUI, Prof. Dr. Heri Hermansyah, ST., M.Eng., IPU.

Pada periode pengurusan 2022-2026, bidang sumber daya manusia kembali digabung dengan bidang fasilitas umum. Dr. Ajib sebagai Manajer Sumber Daya Manusia dan Fasilitas diharapkan dapat meningkatkan pelayanan dibidang pengadaan dan logistik, pemeliharaan, IT dan digitalisasi, database, internet, utilitas dan keselamatan kerja, pelatihan/pendidikan personil, penghargaan kinerja, absensi dan monitoring pegawai, serta layanan pendampingan SDM proaktif dan service excellent.

“Sumber Daya Manusia dan Fasilitas adalah tulang punggung pelayanan tridharma di FTUI. Pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat akan berjalan baik apabila didukung dengan dosen, tenaga kependidikan serta sarana dan prasarana yang memadai,” kata Dekan Heri.

Dosen dengan pendidikan doktor sangat menentukan mutu akreditasi institusi pendidikan tinggi. Oleh karena itu, peran manajemen dalam mendorong dan memfasilitasi tenaga dosen untuk meraih S3 menjadi hal yang penting. “Strategi yang akan dilakukan adalah mencari informasi peluang sekolah dan beasiswa, serta menyebarkannya kepada dosen-dosen muda di FTUI. Selain dosen berpendidikan doktor, rasio jumlah Guru Besar yang semakin meningkat juga menjadi target berikutnya. Tim SDM dan Fasilitas akan meningkatkan pelayanan kenaikan pangkat secara proaktif melalui reminder dan asistensi,” kata Dr. Ajib terkait strategi pengembangan SDM FTUI kedepannya.

Dalam bidang fasilitas, FTUI juga menargetkan peningkatan capaian score Greenmetric UI dan digitalisasi layanan kampus secara bertahap. Langkah-langkah yang akan diambil adalah peningkatan efisiensi dalam berbagai aspek antara lain air, listrik, dan sampah. Digitalisasi yang akan dilakukan adalah sentralisasi lisensi perangkat lunak yang digunakan oleh civitas akademik FTUI.

Ajib Setyo Arifin, S.T., M.T., Ph.D. merupakan staf pengajar di Departemen Teknik Elektro FTUI. Beliau memperoleh gelar Sarjana Teknik dan Magister Teknik di bidang Teknik Elektro dari Universitas Indonesia dan gelar Doktor di bidang Teknik Elektro dari Keio University, Jepang. Pada tahun 2015, Dr. Ajib pernah menjabat sebagai Ketua Tim Kerjasama BTS Perbatasan BP3TI (Kemenkominfo) dan DTE FTUI, Ketua Tim Program Ilmuwan Diaspora DTE FTUI pada tahun 2020, Ketua Tim Akreditasi IABEE Prodi Teknik Elektro DTE FTUI tahun 2021 dan Kepala Laboratorium Telekomunikasi DTE FTUI (2019 – 2022).

 

***

 

Biro Komunikasi Publik

Fakultas Teknik Universitas Indonesia

X