id
id

Kuliah Tamu Total Professeur Associes

FTUI bekerjasama dengan Total E&P Indonesie kembali mengadakan Total Professueur Associes (TPA). TPA merupakan sebuah ajang sharing knowledge berupa kuliah tamu dari Total E&P Indonesie kepada para mahasiswa FTUI khususnya dalam bidang Teknik Gas dan Perminyakan. Kuliah tamu ini dibawakan oleh ahli yang berpengalaman dari Total E&P Indonesie, selama 5 hari mulai dari hari senin tanggal 29 Februari hingga Jum’at 4 Maret 2016.

Acara dibuka dengan sambutan Wakil Dekan I Bidang Pendidikan, Penelitian dan Kemahasiswaan FTUI, Dr. Ir. M. Asvial, M.Eng dan dilanjutkan dengan sambutan dari pihak Total E&P Indonesie yang diwakili oleh Head Service Education and Capacity Building Program Total E&P Indonesie, Nano Suwarno dan dilanjutkan dengan acara tukar menukar cinderamata. Selepas acara tukar menukar cinderamata, acara dilanjutkan dengan kuliah tamu yang dibawakan oleh Mr. Bernard Cote.

Mr. Bernard Cote menyelesaikan pendidikannya sebagai sarjana Teknik Mesin dari ECAM pada tahun 1970. Beliau telah memegang beberapa jabatan penting di Total diantaranya Head of Safety Engineering, Engineering & Safety Operational Manager serta jabatan terakhir yang diembannya adalah sebagai Manager HSE.

TPA kali ini mengambil tema “SAFETY ENGINEERING IN OIL & GAS INDUSTRY” dengan beberapa bahasan diantaranya INTRODUCTION TO SAFETY ENGINEERING (Preliminary Hazards & Risks Analysis, Process related Hazards, Plot plan review, Optimisation with regards to SIMOPS); LAYOUT OPTIMISATION

(Fundamentals of safety engineering, Installation layout / Fire zones, Consequences analysis, Offshore FPSO general layout); QUANTITATIVE RISK ASSESSMENT TECHNICS (Major Hazards Assessment (scenario

based), QRA, Reduction of ignition sources); PROCESS SAFETY SYSTEMS (Safety instrumented systems, Pressure relief systems), serta DETECTION AND PROTECTION (Fire and gas detection system, Passive and active fire protection systems, Alarm, Escape, Evacuation & Rescue Facilities, Conclusion: Human factor). (Humas FT)

X