Pada Sabtu, 10 April 2021, Universitas Indonesia (UI) kembali mengukuhkan Enam Guru Besar UI. Empat diantaranya merupakan Guru Besar Tetap pada Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FTUI). Pada acara pengukuhan yang dilaksanakan secara daring tersebut, Rektor Universitas Indonesia, Prof. Ari Kuncoro, S.E., M.A., Ph.D. memimpin sidang terbuka Pengukuhan Guru Besar Universitas Indonesia secara langsung.

Empat Guru Besar Fakultas Teknik UI yang dikukuhkan adalah:
– Prof. Dr. Ir. M. Dachyar, M.Sc. dari Departemen Teknik Industri
– Prof. Dr. Rachmat Nurcahyo dari Departemen Teknik Industri
– Prof. Ir. Kamarza Mulia, M.Sc., Ph.D. dari Departemen Teknik Kimia
– Prof. Dr. Ir. Engkos Achmad Kosasih, M.T. dari Departemen Teknik Mesin

Sementara dua orang Guru Besar lainnya adalah:
– Prof. Dr. Azwar Manaf, M.Met. dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
– Prof. Muhamad Ramdan Andri Gunawan Wibisana, S.H., LL.M., Ph.D. dari Fakultas Hukum

Prof. Dr. Ir. M. Dachyar, M.Sc. menyampaikan pidato pengukuhan dengan judul: “Rekayasa Ulang Proses Bisnis untuk Keunggulan Industri Jasa dan Manufaktur”, Prof. Dr. Rahmat Nurcahyo menyampaikan pidato pengukuhannya yang berjudul: “Implementasi Sistem Manajemen Mutu ISO 9001: Apakah Panasea?”, Prof. Ir. Kamarza Mulia, M.Sc., Ph.D. menyampaikan pidato pengukuhan berjudul: “Enkapsulasi dan Pelepasan Terkendali Senyawa Bioaktif Hasil Ekstraksi Hijau untuk Kesehatan dan Pengobatan” dan Prof. Dr. Ir. Engkos Achmad Kosasih, M.T. menyampaikan pidato pengukuhan dengan judul: “Pengkondisian Udara Pengering dengan Sistem Refrigerasi Kompresi Kondensor Ganda untuk Menurunkan Konsumsi Energi dan Temperatur Udara Pengering.”

Pelaksanaan pengukuhan Guru Besar secara virtual merupakan sebuah prosesi yang unik dimana para Guru Besar, pimpinan utama fakultas (Dekan dan para Wakil Dekan) dan keluarga inti Guru Besar menghadiri secara langsung (luring) dan tamu-tamu undangan lainnya hadir secara daring. Dalam penyelenggaraannya perlu sangat memperhatikan faktor keamanan dan kesehatan bagi yang hadir secara langsung.

Selain memastikan protokol kesehatan yang ketat dengan memperhatikan ketentuan jaga jarak, menyediakan sarana cuci tangan dan hand sanitizer, menyediakan fasilitas pengukuran suhu tubuh serta memastikan bahwa ruangan tempat penyelenggaraan acara memiliki ventilasi udara yang cukup baik. Selain itu FTUI juga menyediakan layanan swab rapid antigen bagi seluruh Guru Besar dan keluarga, tamu undangan yang hadir dan tim penyelenggara.

Acara pengukuhan Guru Besar berlangsung dengan lancar dan dokumentasi video acara tersebut dapat disaksikan di https://youtu.be/i0pUPTQ3TZA sementara Buku Pidato ke-empat Guru Besar dapat diunduh di https://pubhtml5.com/bookcase/spbq.

FacebookTwitter
X