id
id

UI Kembali Luncurkan Mobil Masa Depan Generasi Terbaru

SMV 2014

Sejumlah mahasiswa Universitas Indonesia (UI) yang tergabung dalam tim UI Supermileage Vehicle Team (UI- SMV) kembali akan mengirimkan dua mobil karyanya pada ajang Shell Eco Marathon Asia 2015. Grand Launching UI-SMV for Shell-Eco Marathon Asia 2015 – “An Introduction of Future Vehicle Project” dilakukan pada Kamis (4/12) di Fakultas Teknik UI kampus Depok.

Dua mobil karya mahasiswa yang akan dipertandingkan adalah Kalabia Evo.5 (untuk kategori ‘Urban Gasoline Vehicle’) dan Keris RVi (untuk kategori ‘Prototype Gasoline Vehicle’). Selama hampir satu tahun, para mahasiswa berusaha mengembangkan Kalabia generasi sebelumnya (Kalabia Evo.4) agar mampu menempuh jarak yang lebih jauh lagi dengan hanya menggunakan 1 Liter bensin. Kalabia Evo.4 menjadi Juara 1 di SEM ASIA 2014, dengan pencapaian terbaik se-Asia yaitu 301,6 Kilometer/Liter. Dan UI-SMV telah mempersiapkan Kalabia Evo.5 dengan sangat baik untuk mencetak rekor berikutnya di Asia.

UI-SMV adalah sebuah tim berisi 19 mahasiswa UI yang berasal dari berbagai jurusan. Sejak 2010, UI-SMV telah menciptakan 15 mobil hemat energi untuk berkompetisi di ajang nasional maupun internasional. Mobil-mobil ini ada yang menggunakan bahan bakar bensin, dan ada juga yang menggunakan bahan bakar listrik. Setelah menjadi Juara 1 secara berturut-turut di Indonesia Energy Marathon Challenge (IEMC) tahun 2012, 2013, 2014, serta Juara 1 di Shell Eco-Marathon Asia 2014, UI-SMV siap unjuk gigi lagi di SEM ASIA 2015 dengan mobil-mobil terbarunya. (Humas UI)

X